Dispendukcapil Solo Luncurkan Aplikasi Online

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo meluncurkan layanan baru dengan sasaran kalangan sibuk serta kaum milenial. Layanan administrasi kependudukan yang dikemas dalam aplikasi 'Dukcapil dalam Genggaman' ini, berbasis teknologi android, sehingga dapat diakses melalui samrtphone tanpa batasan ruang dan waktu.

Kepala Dispendukcapil, Suarta mengungkapkan layanan online ini meliputi penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kematian, serta mutasi penduduk baik pindah maupun datang. Selain itu, aplikasi yang dapat diunduh dari play store ini juga disiapkan fitur pengaduan serta e-KTP digital.

Berbagai bentuk kemudahan layanan adminisistrasi kependudukan, tambahnya, mulai dari sistem jemput bola, pengoperasian mobil layanan keliling, dan sebagainya, ternyata belum sepenuhnya menjangkau seluruh masyarakat. Banyak kelompok masyarakat sibuk dengan aktivitas masing-masing, sehingga hampir tidak ada waktu untuk mengurus dokumen kependudukan secara langsung.

"Karenanya, lewat aplikasi 'Dukcapil dalam Genggaman', mereka bisa mengajukan layanan kependudukan hanya melalui smart phone," jelasnya.

Bahkan lewat aplikasi Dukcapil dalam Genggaman' pada saatnya nanti, dalam urusan tertentu dapat menggantikan fisik e-KTP. Artinya, ketika seseorang hendak berurusan dengan perbankan, bandara, dan sebagainya yang mengharuskan kelengkapan persyaratan identitas diri, tak perlu lagi menunjukkan e-KTP secara fisik, tetapi dapat digantikan dengan e-KTP digital. Hanya saja, hal itu perlu dikomunikasikan dengan institusi terkait.

Sedangkan mekanisme kerja layanan tersebut, tambah Kepala Seksi (Kasi) Sistem Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil (SIAK), Lusia Sari Murniati, masyarakat mengajukan permohonan dokumen kependudukan serta melampirkan persyaratan yang diperlukan dalam bentuk digital. Setelah berkas pendaftaran masuk, petugas Dispendukcapil akan melakukan verifikasi, sekaligus berkomunikasi jika masih ada kekurangan persyaratan ataupun persoalan lain.

Setelah berkas permohonan dinyatakan clear, petugas Dispendukcapil akan menyampaikan notifikasi pengambilan dokumen kependudukan sebagaimana permohonan bersangkutan. "Jika seluruh persyaratan lengkap dan dinyatakan sah, permohonan dokumen kependudukan melalui aplikasi smart phone dapat dirampungkan dalam waktu satu hari," tambahnya sembari menyebut, paling tidak, layanan ini akan memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan tanpa harus antre di kantor Dispendukcapil ataupun Kantor Kecamatan. (Hut)

BERITA REKOMENDASI