Dispendukcapil Sukoharjo Mulai Layani Rekam Data KTP-el

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Proses rekam data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) mulai dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo setelah lama terhenti akibat pandemi virus corona. Pada tahap awal disiapkan sebanyak dua unit alat rekam KTP-el untuk melayani 50 orang. Usai rekam petugas langsung memproses pencetakan mengingat stok blangko cetak masih banyak sekitar 7 ribu keping.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sukito, Selasa (9/6) mengatakan, Dispendukcapil Sukoharjo sudah melayani proses rekam data KTP-el mulai Senin (8/6) setelah lama terhenti akibat pandemi virus corona. Pada awal pelayanan Dispendukcapil Sukoharjo menyiapkan sebanyak dua unit alat rekam untuk melayani 50 orang pemohon KTP-el setiap hari.

Jumlah tersebut kemungkinan akan ditingkatkan menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kondisi pandemi virus corona. Sebab dengan dua unit alat untuk melayani 50 orang pemohon KTP-el, dikatakan Sukito masih sangat kurang.

Dispendukcapil Sukoharjo sendiri masih memiliki beberapa unit alat rekam yang bisa digunakan pelayanan. Pada waktu normal biasa permohonan rekam dan cetak KTP-el setiap hari bisa mencapai 400 orang. Karena kondisi pandemi virus corona maka terpaksa dilakukan pembatasan.

“Rekam KTP-el sudah mulai Senin (8/6) sesuai penerapan new normal oleh Pemkab Sukoharjo. Kami batasi dulu dua unit alat rekam untuk 50 orang pemohon KTP-el setiap hari. Aturan pembatasan kami terapkan karena sesuai protokol kesehatan penanganan virus corona,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI