Dispendukcapil Sukoharjo Selesai Cetak 7.000 KTP-el

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sebanyak 7.000 dari total sekitar 13.500 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sudah selesai dicetak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo. 

Pencetakan dilakukan setelah selesai verifikasi dan dilakukan penunggalan data oleh pemerintah pusat. Proses pencetakan dipastikan aman setelah tersedia sebanyak 14.000 blangko cetak KTP-el.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita, Rabu (21/06/2017) mengatakan, total keseluruhan daftar tunggu cetak KTP-el ada sebanyak 65 ribu. Namun dari jumlah tersebut baru ada sekitar 13.500 masuk dalam daftar prioritas pencetakan. Pemerintah pusat sendiri sudah mengirimkan blangko cetak KTP-el dalam dua tahap. 

"Tahap pertama sebanyak 10.000 keping dan kedua 4.000 keping semuanya siap dipergunakan. Dari sekitar 13.500 daftar cetak KTP-el baru dilakukan pencetakan terhadap 7.000 keping. Pencetakan tersebut sudah selesai dilakukan sekitar satu bulan lalu," kaya Anita.

Anita menjelaska pencetakan dilakukan setelah proses tahapan selesai dilakukan. Tahapan tersebut berupa verifikasi data ditingkat RT/RW, desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten. Selanjutnya data masih dilakukan proses berupa penunggalan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri.

"Dalam setiap hari minimal ada satu data yang selesai ditunggalkan dan siap cetak. Usai dicetak KTP-el langsung diinformasikan petugas ke warga penerima untuk segera diambil di kantor Dispendukcapil Sukoharjo. Kendala pencetakan sekarang karena jaringan server intenet ke pusat sering mati. Apalagi sekarang pakai sistem SIAK 6 juga berdampak lemot. Tiap hari kami lakukan proses cetak begitu dapat data penunggalan dari pusat,” ujar Sriwati Anita. (Mam)

BERITA REKOMENDASI