Ditarget Selesai Desember, Vaksinasi Virus Corona Digelar Setiap Hari

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Pemkab Sukoharjo berharap target vaksinasi virus Corona bisa selesai pada akhir Desember tahun 2021 mendatang. Vaksinasi virus Corona tersebut meliputi dosis pertama, kedua dan ketiga khusus untuk tenaga kesehatan. Percepatan vaksinasi virus Corona masih terus dilakukan di 167 desa dan kelurahan di 12 kecamatan setiap hari. Beberapa desa dan kelurahan diketahui sudah mampu menyelesaikan vaksinasi virus Corona tuntas 100 persen dosis pertama dan kedua.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Sabtu (6/11) mengatakan, Pemkab Sukoharjo berharap target vaksinasi virus Corona dapat terselesaikan hingga akhir Desember tahun 2021. Sisa waktu dua bulan berjalan ini diminta dimaksimalkan untuk memenuhi target tersebut. Upaya percepatan vaksinasi virus Corona masih terus dilakukan di 167 desa dan kelurahan di 12 kecamatan.

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona secara menyeluruh disemua wilayah diharapkan bisa menaikan angka capaian realisasi daerah. Sebab vaksinasi virus Corona dilakukan serentak dengan melibatkan pihak terkait.

“Perkembangan data kemarin vaksinasi virus Corona di Kabupaten Sukoharjo sudah 77,64 persen. Sekitar itu dan diharapkan angka capaian realisasi terus naik. Diharapkan target vaksinasi virus Corona bisa selesai hingga akhir Desember 2021 mendatang,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta pada pihak terkait untuk membantu merealisasikan target vaksinasi virus Corona selesai Desember tahun 2021. Sebab dari ketersediaan vaksin virus Corona sudah ada dan dijamin pemerintah pusat. Sedangkan dari sisi petugas juga tersedia dengan jaminan memberikan pelayanan penuh pada masyarakat sasaran vaksinasi virus Corona.

“Sekarang tinggal masyarakatnya. Sasaran vaksinasi virus Corona harus aktif melapor dan datang ke petugas. Nanti petugas akan melayani vaksinasi virus Corona. Dengan demikian maka capaian angka cepat naik. Kalau masyarakat sasarannya pasif maka petugas yang akan jemput bola mendatangi rumah warga,” lanjutnya.

Etik Suryani optimis angka capaian vaksinasi virus Corona hingga akhir Desember tahun 2021 akan naik signifikan. Sebab segala upaya bersama pihak terkait seperti Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo masih terus dilakukan.

“Harapannya memang target terpenuhi. Kalaupun nanti belum paling tidak angka capaian vaksinasi virus Corona bisa naik tinggi. Kami masih optimis bisa terpenuhi nanti,” lanjutnya.

Etik Suryani menjelaskan, Pemkab Sukoharjo optimis target dapat terpenuhi mengingat pola vaksinasi virus Corona sekarang sudah melibatkan desa dan kelurahan. Artinya vaksinasi virus Corona sudah diselenggarakan ditingkat desa dengan menggunakan balai desa dan kantor kelurahan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dan mendekatkan tempat vaksinasi virus Corona dengan masyarakat sasaran.

Peran penting lainnya keterlibatan pemerintah desa dan kelurahan yakni data sasaran vaksinasi virus Corona ditingkat desa dan kelurahan dengan mudah dapat diketahui. Pemerintah desa dan kelurahan melibatkan pengurus RT dan RW untuk melacak siapa saja warganya yang sudah dan belum menerima vaksin virus Corona. Penyisiran hingga tingkat RT dan RW sangat efektif untuk meningkatkan angka capaian vaksinasi virus Corona.

“Desa dan kelurahan hingga RT dan RW sudah dilibatkan. Jadi bisa cepat diketahui siapa saja warga sasaran yang sudah dan belum divaksin,” lanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, percepatan vaksinasi virus Corona masih terus dilakukan hingga tingkat desa dan kelurahan. Angka capaian vaksinasi virus Corona terus naik setiap hari.

“Percepatan vaksinasi virus Corona masih dilakukan. Petugas bahkan sudah melayani vaksinasi virus Corona terhadap warga dari luar daerah. Jadi tidak harus memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Sukoharjo saja,” ujarnya.

Yunia menegaskan, petugas sudah maksimal dalam memberikan pelayanan. DKK Sukoharjo meminta pada warga sasaran vaksinasi virus Corona untuk aktif melapor ke petugas atau minimal pengurus RT dan RW untuk kemudian diteruskan ke bidan desa dan kelurahan yang nantinya akan ditindaklanjuti Puskesmas memberikan pelayanan vaksinasi virus Corona.

“Termasuk juga warga ber-KTP Sukoharjo yang tinggal atau merantau keluar daerah. Mereka harus vaksin ditempat tersebut. Sebab data vaksinasi virus Corona berbasis KTP,” lanjutnya.

Kepala Desa Gumpang Kecamatan Kartasura Dwi Nuryanto, mengatakan, vaksinasi virus Corona di Desa Gumpang Kecamatan Kartasura sudah tuntas 100 persen. Sasaran vaksin virus Corona sesuai kebijakan pemerintah pusat yakni usia 12 tahun keatas hingga lanjut usia sudah menerima vaksin virus Corona. Terlaksananya vaksinasi virus Corona membuat masyarakat menjadi lebih terjaga kondisi kesehatannya. Terpenting juga tercapai kekebalan komunal di Desa Gumpang Kecamatan Kartasura.

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona di Desa Gumpang Kecamatan Kartasura mendapat dukungan penuh Pemkab, Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo. Sinergi tersebut membuat percepatan vaksinasi virus Corona mudah terlaksana.

Vaksinasi virus Corona dilaksanakan Pemerintah Desa Kecamatan Kartasura di balai desa. Petugas juga melakukan pelayanan vaksinasi door to door dengan mendatangi rumah warga sasaran vaksinasi virus Corona.

“Desa Gumpang Kecamatan Kartasura tuntas 100 persen vaksinasi virus Corona dosis pertama dan kedua. Vaksinasi terselenggara berkat dukungan sinergi Pemkab, Polres dan Kodim 0726 Sukoharjo serta semua pihak terkait lainnya. Pelayanan juga dibantu dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo dengan mengerahkan tenaga kesehatan,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI