Ditetapkan, Saber Pungli Wonogiri Langsung Bergerak Cepat

WONOGIRI (KRjogja.com) – Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli)  Unit Kabupaten Wonogiri, bergerak cepat. Begitu usai upacara deklarasi di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Kamis (9/11/2016), Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang juga duduk sebagai penanggungjawab  satgas unit langsung melakukan sidak ke proyek pembangunan gedung rawap inap RSUD Wonogiri dan gedung Dinas Pendidikan (Disdik) di Bulusulur Kecamatan Wonogiri.

Deklarasi yang ditandai dengan pengukuhan Saber Pungli Unit Wonogiri yang diketahui Wakapolres setempat Kompol Wawan Purwanta SH dan beranggotakan Sekda, Kepolisian, TNI, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri serta sejumlah kepala SKPD itu dilakukan Bupati Joko Sutopo.  

Dasar pembentukan Saber Pungli tersebut diatur  dalam Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 309/2016 menyusul lahirnya Peraturan Presiden Nomor 87/2016.  Salah satu Pembina Unit Saber Pungli Ari Tri Mulyanto SH MH yang juga Kajari Wonogiri menandaskan, lembaga baru tersebut dibentuk dalam rangka merubah menset PNS terhadap bahaya pungli.

"Tidak hanya pungli dalam bentuk uang atau anggaran, pungli di sektor politik juga kita cermati," kata Kajari.

Saat sidak di RSUD maupun proyek pembangunan kantor Disdik Wonogiri, Saber Pungli Unit menemukan adanya pengerjaan proyek yang dinilai lamban. Faktor pemicunya, rekanan atau pemborong proyek kekurangan pekerja serta keterlambatan pengiriman material bangunan.

"Proyek yang seharusnya sudah berjalan 44 persen tapi kenyataanya baru berjalan 31 persen," kata Bupati Wonogiri yang memimpin sidak ke RSUD Wonogiri.

Ditegaskan, dengan melihat proyek senilai Rp 15,2 milyar di RSUD itu pihaknya memberi suport  agar pihak pelaksana segera memenuhi kekurangan-kekurangan yang dihadapi sehingga proyek tersebut bisa tepat waktu, tepat mutu dan tepat manfaat. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI