DKK Sukoharjo Cegah Varian Baru Virus Corona Tipe B117 Masuk

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo mengkhawatirkan masuknya varian baru virus Corona tipe B117 masuk ke wilayah Kabupaten Sukoharjo. Sebab kondisi kasus positif virus Corona di Sukoharjo masih tinggi. Masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat dan membatasi aktivitas diluar mengingat sekarang masih diterapkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Kamis (11/3) mengatakan, sudah ada peringatan dari Kementerian Kesehatan terkait kewaspadaan masuknya varian baru virus Corona tipe B117 ke Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Diharapkan dengan adanya peringatan tersebut bisa ditindaklanjuti daerah dengan melakukan pengetatan pengawasan.

DKK Sukoharjo terkait hal tersebut sudah melakukan koordinasi internal. Selain itu juga melibatkan pihak terkait lain untuk membantu pengawasan sebagai bentuk pencegahan sekaligus antisipasi masuknya varian baru virus Corona tipe B117.

Salah satu bentuk pengawasan ketat yang dilakukan DKK Sukoharjo bersama pihak terkait lainnya yakni aktivitas masyarakat. Sebab tingginya aktivitas masyarakat dikhawatirkan bisa memicu masuknya varian baru virus Corona tipe B117 di Sukoharjo. Pengawasan tersebut sekaligus bentuk penegakan penerapan PPKM Mikro yang sampai sekarang masih berlaku.

“Di Sukoharjo belum ada temuan kasus varian baru virus Corona tipe B117. Tapi DKK Sukoharjo tetap mengkhawatirkan hal tersebut. Kami tingkatkan kewaspadaan bersama pihak terkait melakukan pengawasan bersama,” ujarnya.

DKK Sukoharjo juga sudah mendapatkan instruksi dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah terkait kewaspadaan masuknya varian baru virus Corona tipe B117. Hal sama juga berlaku dan diterapkan disemua daerah di Jawa Tengah.

“Tetap patuhi protokol kesehatan secara ketat. Demi pencegahan diri sendiri, keluarga dan orang lain disekitar. Jangan sampai ada penularan kasus virus Corona terlebih lagi masuknya varian baru virus Corona tipe B117,” lanjutnya.

Warga yang sudah menerima vaksin virus Corona juga diminta tidak melupakan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sebab mereka masih rawan tertular virus Corona meski sudah mengikuti vaksinasi.

BERITA REKOMENDASI