DKK Sukoharjo Siapkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo siap membantu melakukan penanganan korban bencana alam. Kesiapan dilakukan dengan menyiapkan tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan berupa rumah sakit, puskesmas dan klinik serta obat. Tindakan baru akan dilakukan pasca kejadian bencana alam.

Kepala DKK Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Rabu (17/11) mengatakan, DKK Sukoharjo tentu siap membantu masyarakat dibidang pelayanan kesehatan. Salah satunya berkaitan dalam penanganan bencana alam. DKK Sukoharjo meski sekarang masih kosentrasi dalam menangani pandemi virus Corona namun nantinya tetap akan membantu masyarakat pada saat terjadi bencana alam.

“DKK Sukoharjo nanti akan bergerak di pasca bencana alam. Kami tetap siap membantu masyarakat dibidang pelayanan kesehatan,” ujarnya.

DKK Sukoharjo sudah dilibatkan dalam koordinasi bersama petugas terkait lainnya. Hal ini sebagai bagian dari kesiapsiagaan penanganan bencana alam seiring terjadinya peningkatan curah hujan.

Kesiapan dilakukan dengan menyiapkan tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan berupa rumah sakit, puskesmas dan klinik serta obat. Tindakan baru akan dilakukan pasca kejadian bencana alam.

“Ada banyak pihak terkait dilibatkan dalam penanganan bencana alam. DKK Sukoharjo akan bergerak dibidang kesehatan. Tenaga medis, rumah sakit hingga obat akan kami siapkan nanti apabila diperlukan,” lanjutnya.

Pelayanan kesehatan diberikan pada masyarakat korban bencana alam. DKK Sukoharjo menerjunkan tenaga medis untuk membantu pelayanan kesehatan. Apabila diperlukan korban bencana alam bisa dirujuk ke fasilitas kesehatan seperti klinik, puskesmas dan rumah sakit rujukan sesuai kebutuhan.

DKK Sukoharjo memastikan pelayanan kesehatan pada masyarakat korban bencana alam akan tetap diberikan meski kondisi sekarang masih dalam kondisi pandemi virus Corona. Penanganan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat desa dan kelurahan hingga kecamatan dan kabupaten.

“Kosentrasi sekarang memang masih menangani pandemi virus Corona. Namun DKK Sukoharjo tetap akan membantu masyarakat saat terjadi bencana alam,” lanjutnya.

Beberapa pusat pelayanan kesehatan di wilayah rawan bencana alam sudah siagakan membantu masyarakat apabila diperlukan. Wilayah tersebut seperti di wilayah rawan banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo seperti di Kecamatan Grogol, Mojolaban dan Polokarto.

BERITA REKOMENDASI