DKK Tes Urine Sopir Bus Malam

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri bersama Satlantas Polres dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, Sabtu (1/7), bakal menggelar tes urine maupun narkoba awak bus malam AKAP (antar kota antar provinsi). Kegiatan yang diadakan di terminal induk Giri Adipura Krisak Wonogiri untuk mengantisipasi laka lantas arus balik lebaran akibat  human error.

"Sudah banyak terjadi kasus (laka lantas) karena sopir bus malam belakangan diketahui mengonsumsi miras ataupun obat-obat terlarang," ujar Plt Kepala DKK Wonogiri Mubarok SKM MKes kepada KR, Jumat (30/6).

Menurut dia, fenomena labaran khususnya keramaian penumpang arus balik Wonogiri ke Jakarta harus dicermati semua pihak terlebih DKK, Dishub maupun Satlantas. "Bukan tidak mungkin pengusaha angkutan bus melibatkan kru yang sembarangan demi mengejar target penumpang," papar dia.

Disebutkan, pemeriksaan kesehatan awak bus malam yang dilakukan gabungan dengan Dishub dan Satlantas menyusul keramaian penumpang arus balik itu meliputi tensi atau tekanan darah, cek urine serta cek narkoba.

"Semua kru bus malam akan kita periksa kesehatannya, jika terbukti tidak laik mengemudi kita pastikan tidak boleh bekerja, karena akan menyangkut keselamatan jiwa penumpangnya," tandas Mubarok. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI