Dokter X Positif Covid-19, Petugas Kesulitan Lacak Pasiennya

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar kesulitan melacak kontak erat dokter X. Seluruh anggota keluarganya yang tertular Covid-19 sudah dirawat di rumah sakit. Namun, ditengarai pasiennya masih bebas beraktivitas.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Karanganyar, Juliyatmono mengakui pelacakan kontak erat dr X tidak sederhana. Dokter itu membuka praktik dan setiap hari menangani pasien. Saat dokter X terkonfirmasi positif Covid-19, secara otomatis tempat praktiknya ditutup sementara. Sedangkan dirinya dirawat di rumah sakit sekaligus isolasi. Pemeriksaan terhadap keluarganya melalui metode swab juga mengonfirmasi tubuh mereka terinveksi.

“Ternyata (keluarga) dr X positif (Covid-19) semua. Istrinya, neneknya sampai pembantunya juga. Mereka dibawa ke rumah sakit bersama dengan dr X. Otomatis tempat praktiknya tutup,” katanya kepada KR, Selasa (21/7).

Tim gugus tugas di wilayah tersebut yang digawangi puskesmas setempat melacak para pasien dr X dari daftar kunjungan. Ternyata, mereka selain berasal dari wilayah Karanganyar juga ada dari luar kota. Sedianya, pelacakan yang ditindaklanjuti dengan pemeriksaan kesehatan akan mempersempit penyebaran Covid-19. Bagi yang tertular segera diisolasi di rumah sakit sekaligus mendapatkan perawatan intensif.

Sementara itu jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Senin (21/7) pukul 15.00 WIB sebanyak 51 orang. Akumulasinya mencapai 110 orang dengan empat kematian. Berdasarkan data itu, tingkat sembuh ternyata cukup tinggi. Yakni 55 orang.

BERITA REKOMENDASI