DPP PDI-P Tunjuk Nuryanto Sebagai Pengisi PAW DPRD Wonogiri

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – DPP PDI Perjuangan akhirnya memberikan rekomendasi calon anggota DPRD Wonogiri antarwaktu. Sosok pengganti Setyo Sukarno yang meninggalkan kursi Ketua DPRD Wonogiri setelah terpilih sebagai Wakil Bupati mendampingi Bupati Wonogiri Joko Sutopo adalah Nuryanto.

Ketua DPC PDIP yang juga Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan hal tersebut menjawab wartawan di komplek Setda Wonogiri, Jumat (05/11/2021). Menurut dia setelah rekomendasi dari DPP turun maka DPC mengajukan nama kader asla Giritontro itu kepada pimpinan DPRD setempat untuk diproses hingga dilantik sebagai anggota PAW.

Disebutkan pria yang akrab disapa Mas Jekek, awalnya ada dua nama yang mengemuka sebagai pengganti Setyo Sukarno yang kini menjabat Wakil Bupati Wonogiri. Keduanya adalah Welas Handayani dan Nuryanto. Mereka merupakan calon anggota legislatif (caleg) dari PDIP pada Pemilu Legislatif Wonogiri 2019. Keduanya berasal dari daerah pemilihan (dapil) yang sama dengan Setyo Sukarno, yakni dapil Wonogiri V.

Welas Handayani meraih suara terbanyak pertama setelah empat caleg PDIP di dapil V berhasil menjadi anggota DPRD Wonogiri. Sementara Nuryanto meraih suara di bawah Welas. Welas Handayani meraup 3.210 suara. Sedangkan Nuryanto meraih 3.187 suara.

“Namun karena saudari Welas mengundurkan diri atau tidak bersedia (menjadi anggota DPRD PAW) dengan alasan aktifitas beliau. Akhirnya turun rekomendasi dari DPP ke Pak Nuryanto itu,” papar Jekek.

Setyo Sukarno mengundurkan diri sebagai anggota DPRD hasil Pemilu Legislatif 2019 pada 23 September 2020 lalu. Pengunduran diri itu dilakukan menyusul ditetapkannya Setyo sebagai calon wakil bupati (cawabup) mendampingi calon bupati (cabup) Joko Sutopo pada Pilkada Wonogiri 9 Desember 2020 silam. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI