DPRD Pacitan Belajar Pembukaan Pariwisata Normal Baru di Karanganyar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pembukaan pariwisata bermodal protokol kesehatan di Kabupaten Karanganyar memantik respons positif daerah lain untuk mempelajarinya. Satu diantaranya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dalam kunjungan kerjanya, rombongan Komisi II DPRD Pacitan diterima di ruang podang I Kantor Bupati Karanganyar, Kamis (25/6). Mereka disambut Asisten II Sekda Karanganyar Agus Cipto Waluyo dan Staf Ahli Bupati, Supramnaryo.

Ketua rombongan kunker yang juga Ketua DPRD Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji mengaku beruntung kegiatannya kali ini dapat disambut tuan rumah. Menurutnya, belum banyak daerah bersedia menerima kunjungan kerja instansi dari luar kota di masa pandemi Covid-19. Materi yang dibahasnya kali ini seputar pengelolaan pariwisata di tatanan normal baru. Ia merasa butuh banyak saran untuk mengembalikan pariwisata Pacitan kembali bergeliat. Sebenarnya, kabupaten ini sudah bersiap membuka obyek-obyeknya pada 18 Juni lalu. Namun karena ditemukan lagi warga terkonfirmasi positif corona, maka pemerintah setempat menundanya. Kemudian, pembukaan dipilih tanggal 30 Juni.

“Statusnya kembali rawan. Dari 18 Juni, mundur menjadi 30 Juni. Setelah melalui simulasi, ternyata ada yang positif Corona lagi setelah sempat semua pasien sembuh,” katanya.

Ia melihat Kabupaten Karanganyar yang tidak juga aman dari Covid-19, ternyata berani membuka seluruh obyek wisatanya. Banyak hal ingin digali seperti regulasi dan kepatuhan stakeholder pariwisata dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, ia ingin menakar seberapa tinggi minat kunjungan ke obyek wisata pengunungan dibanding pesisir pantai.

BERITA REKOMENDASI