DPRD Wonogiri Pantau Imbas UU Cipta Kerja

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Anggota Komisi IV DPRD Wonogiri melakukan sidak ke sejumlah perusahaan di daerahnya, Rabu (7/10) hingga Kamis (8/10). Komisi yang membidangi masalh naker, pendidikan, kesehatan serta sosial itu ingin melihat dari dekat dampak UU Cipta Kerja yang telah disahkan DPR terhadap tenaga kerja maupun perusahaan di Wonogiri.

Kunjungan kerja wakil rakyat Kota Sukses dipimpin Ketua Komisi IV Sriyono SPd. Hari pertama (Rabu), kata dia, komisi kami mengunjungi PT Libra Permana di Nambangan Selogiri sedangkan Kamis (8/10) ke perusahaan garmen PT Pan Nesia Pacifik di Ketonggo Ngadirojo. “Tujuan kami sesuai tupoksi yang ada kunker atau sidak ini untuk memantau kalangan buruh di Wonogiri pasca penetapan UU Cipta Kerja oleh DPR yang menimbulkan dampak di luar daerah sana,” papar politisi PDI-Perjuangan, Kamis.

Diungkapkan Sriyono, di dua perusahaan besar di kabupaten itu situasi buruh atau naker cenderung normal seperti biasa. “Perusahaan-perusahaan yang kami datangi tetap beroperasi seperti biasa, tidak ada naker yang ikut melakukan mogok nasional,” tukas dia sembari mengakui jika ada karyawan yang tidak masuk kerja karena berhalangan namun tetap mengajukan ijin direksi atau HRD.

Malahan, lanjut Sriyono, di dua perusahaan mengaku akan melakukan rekrutmen naker lagi karena permintaan ekspor tetap tinggi menjelang 2021. “Komisi kami tetap komit dan mendukung program Wonogiri (Pemkab) yakni pro investasi sebagai solusi ingin menampung angka tenaga kerja yang terus meningkat agar tidak tergiur merantau ke luar daerah,” jelasnya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI