DPUPR Sukoharjo Terjunkan Tim Pantau Kondisi Infrastruktur

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo akan melakukan pengecekan kerusakan infrastruktur terdampak hujan. Petugas akan mendata dan melihat kewenangan perbaikan. Sasaranya seperti jalan, talut, gorong gorong dan lainnya.

Kepala DPUPR Sukoharjo Bowo Sutopo Dwi Atmojo, Rabu (4/3) mengatakan, tim sudah turun memantau infrastruktur disemua wilayah saat musim hujan seperti sekarang. Hal itu dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi infrastruktur apakah ada kerusakan atau tidak.

Petugas melakukan pendataan kondisi infrastruktur di masing masing wilayah secara mendetail. Data ini akan dipakai dinas sebagai langkah penanganan perbaikan. Dalam pendataan itu juga akan dilihat siapa pihak yang berwenang melakukan perbaikan.

“DPUPR Sukoharjo sudah mendengar kabar pengajuan perbaikan dari beberapa desa setelah ada kerusakan infrastruktur terdampak hujan. Kami sudah terjunkan tim melihat dan mendata di lapangan. Hasilnya belum saya terima dan laporan resmi masih saya tunggu,” ujarnya.

Pengajuan yang sudah diterima di DPUPR Sukoharjo secara lisan yakni permintaan pembangunan talut pengaman setelah ada kejadian tanah longsor dibeberapa desa di wilayah Kecamatan Bulu beberapa waktu lalu. Pemerintah desa setempat meminta kepada DPUPR Sukoharjo untuk melakukan perbaikan talut dan pembangunan talut baru sebagai pencegahan terjadinya tanah longsor.

“Termasuk kewenangan siapa perbaikan atau pembangunan itu. Kami cek dulu. Bila memang jadi kewenangan Pemkab Sukoharjo maka akan kami ajukan melalui anggaran APBD Perubahan mendatang. Tapi bila desa maka nanti pemerintah desa setempat yang memperbaiki,” lanjutnya.

Bowo mengakui, khusus di wilayah Kecamatan Bulu sekarang memang sedang banyak kejadian tanah longsor akibat hujan deras. Beberapa infrastruktur mulai rusak tidak hanya talut namun juga jalan.

“Khusus untuk jembatan informasi sementara tim di lapangan belum ditemukan kerusakan. Tapi tim tetap kami memantau secara mendetail termasuk mengukur kekuatan jembatan lama,” lanjutnya.

DPUPR Sukoharjo sendiri untuk penanganan kerusakan infrastruktur jalan sudah menerjunkan tim. Petugas di lapangan langsung melakukan penambalan jalan berlubang demi kenyamanan masyarakat. Beberapa titik jalan rusak sudah selesai diperbaiki oleh petugas.

“Keluhan banyak masuk sekarang berkaitan kondisi jalan rusak di tugu lilin Makamhaji, Kartasura. Tapi disana jadi kewenangan Pemkot Solo,” lanjutnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, kondisi infrastruktur di Sukoharjo sudah baik. Meski begitu pihaknya meminta pada DPUPR Sukoharjo untuk memantau dengan menerjunkan petugas di lapangan.

“Dampak hujan pastinya ada pada infrastruktur tapi sejauh ini masih baik baik saja. Khusus di Bulu laporan kemarin ada beberapa kerusakan talut nanti akan dicek DPUPR Sukoharjo dulu,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI