Duel ditempat Hajatan, Tiga Pemuda Ditangkap

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Polres Sukoharjo berhasil menangkap tiga pelaku pengeroyokan di tempat hajatan warga di Sayemrejo RT 1 RW 6 Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo dan di tempat lomba burung merpati di daerah persawahan Seyegan, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo. Kasus tersebut sekarang sudah ditangani Satreskrim Polres Sukoharjo.

Kasat Reskrim Polres Sukoharjo AKP Teguh Prasetyo, Kamis (23/6) mengatakan korban yakni, Firman Hermawan (22) warga Kutorejo, Kelurahan Jetis, Kecamatan Sukoharjo. Sedangkan tiga pelaku yakni, EP, BP dan GM. Satu pelaku lagi yakni NN masih dalam pengejaran petugas.

Kronologis kejadian bermula pada Sabtu (18/6) sekitar pukul 22.00 WIB pelaku bersama temannya menuju ke lokasi tempat hiburan campur sari di Dukuh Sayemrejo RT 1 RW 6 Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo. Pelaku datang bersama temannya sekitar 10 orang. Dalam perjalanan pelaku dan temannya tiba di lokasi acara sekitar lima menit dari tempat mereka berkumpul sebelumnya.

Para pelaku selanjutnya bersama teman-temannya berjoget mengikuti alunan musik sambil minum-minuman keras. Acara hiburan tersebut selesai sekitar pukul 00.30 WIB, kemudian para pelaku mendengar dan melihat korban memuat onar dengan melakukan pemukulan terhadap teman pelaku yang bernama Ahmad. Korban juga mengejek pelaku dan membuat ketiga pelaku dan satu temannya NN marah. NN kemudian memukul korban pertama kali selanjutnya ketiga pelaku lainnya juga ikut memukul menggunakan tangan kosong ke arah korban.

Setelah kejadian tersebut korban dibawa pulang oleh teman-teman korban. Kemudian setelah kejadian tersebut ketiga pelaku bersama-sana dengan teman pelaku yang lain mencari keberadaan korban dan teman-temannya. Setelah bertemu dengan korban, kemudian korban dan teman-temannya diajak menuju ke lokasi penganiayaan kedua yaitu di pinggir jalan ditempat lomba burung merpati di daerah Seyegan, Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo yang mana ditempat tersebut awalnya para pelaku berniat untuk menyelesaikan permasalahan sebelumnya antara korban dengan Ahmad dengan cara berduel satu lawan satu. Namun sebelum berduel justru korban dianiaya oleh tiga pelaku. Usai dianiaya korban dengan temannya pulang meninggalkan lokasi kejadian.

Korban usai kejadian sudah melaporkan ke Polres Sukoharjo. Polisi langsung melakukan penyelidikan atas kasus pengeroyokan tersebut. Berbekal keterangan saksi-saksi dan juga hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Resmob Polres Sukoharjo dan sudah didapat dua alat bukti yang cukup dan tim mendapat informasi terkait keberadaan pelaku. Kemudian tim melakukan penyelidikan lebih lanjut dan setelah dipastikan keberadaan pelaku tersebut kemudian tim melakukan penangkapan terhadap tiga orang pelaku pengeroyokan.

Ketiga orang pelaku pengeroyokan ditangkap di rumahnya masing-masing. Para pelaku mengakui perbuatannya menganiaya korban.

Barang bukti yang diamankan petugas dari tiga pelaku yakni, satu potong kaos warna hitam, satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih nopol AD 9421 IV beserta kunci kontak, satu potong jaket warna hitam dan satu potong celana pendek warna hitam.

“Motif pelaku melakukan perbuatan tersebut dikarenakan korban mengejek pelaku dan teman-teman pelaku,” ujarnya.

Ketiga pelaku dijerat dengan pasal 170 KUHP dengan pidana penjara paling lama 5 tahun 6 bulan dan Pasal 351 KUHP dengan pidana penjara paling lama 2 tahun 8 bukan penjara. (Mam)

BERITA REKOMENDASI