Dukung Larangan Mudik, Pemkab Wonogiri Siapkan Penyekatan

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRjogja.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengungkapkan pemudik yang masuk daerahnya tidak dimintai surat keterangan antigen atau semacamnya. Hanya saja Pemkab menyiapkan infrastruktur untuk melakukan deteksi dini pandemi Covid-19 bagi kalangan kaum boro (perantau) yang pulang kampung ke Wonogiri.

Bupati mengatakan hal tersebut saat ditemui wartawan di kantornya Selasa (20/4) menyusul larangan mudik lebaran 2021. Ditegaskan secara aspek normatif akan dilakukan penyekatan di Wonogiri. Pemkab akan melakukan fungsi koordinasi dengan wilayah lain dalam hal penyekatan. Sebab penyekatan dilakukan berjenjang di setiap kabupaten/kota.

Menurut bupati evaluasi pelarangan mudik tahun 2020, masih ditemui kendaraan yang digunakan pemudik untuk melakukan mobilitas. “Maka dari pengalaman itu kami akan melakukan fungsi koordinasi dengan daerah lain,” kata dia.

Disebutkan, Pemkab Wonogiri tidak akan meminta surat keterangan tes antigen dan sejenisnya bagi para pemudik. Menurutnya, sebelum masuk kabupaten itu pemudik telah melewati beberapa daerah yang juga melakukan penyekatan. Sehingga jika penyekatan di semua daerah berjalan baik, sudah bisa terdeteksi pemudik yang tidak membawa surat antigen. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI