Dulu Sepi Peminat, Vaksinasi Warga Sekarang Jadi Rebutan

Editor: Agus Sigit

SRAGEN, KRJOGJA.com – Ratusan warga dari berbagai desa di Kecamatan Gondang Sragen antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar di rumah Ketua Fraksi PDIP DPRD setempat, Bambang Samekto, Rabu (22/9/2021). Bahkan warga rela antri sejak subuh demi mendapatkan suntikan vaksin program vaksinasi massal PDIP tersebut.

Tingginya animo warga berbanding terbalik dengan awal-awal program vaksinasi saat banyak warga masih enggan untuk divaksin. “Saya datang dari subuh. Antri dulu yang penting dapat suntikan vaksin. Saat ini sulit mendapatkan vaksin, harus rebutan dengan warga lain,” ujar Suparmin (49) buruh tani asal Desa Plumbon, Kecamatan Gondang, Sragen, usai divaksin.

Vaksinasi digelar di dua titik. Yakni di Gedung Merah Putih dan kompleks Islamic Center Darrul Quran di depan kediaman Ketua Fraksi PDIP, Bambang Samekto. Vaksinasi dipantau langsung oleh Ketua Panitia dari DPC PDIP, Sugiyamto, Camat, Kapolsek dan Danramil setempat.

Bambang menyampaikan vaksinasi itu merupakan rangkaian program vaksinasi massal dari PDIP bekerjasama dengan Dinkes Sragen. Program vaksinasi digelar atas perintah Ketua DPR RI, Puan Maharani yang difasilitasi anggota DPR RI Dapil Jateng IV, Agustina Wiludjeng.

Menurutnya, antusias warga memang cukup tinggi. Hal itu ditandai dengan jumlah warga yang hadir mencapai 900an orang. Padahal kuota yang disediakan hanya 850 orang. “Bahkan tadi habis subuh, warga sudah banyak yang datang. Antusias warga sangat tinggi. Beda dengan awal-awal dulu agak susah. Banyak yang masih takut dan termakan hoax. Sekarang semua pada ingin cepat divaksin. Target awal per kecamatan 500 orang, tapi hari ini di Gondang kita target 850 orang,” ujarnya.

Legislator yang akrab disapa Totok itu menguraikan vaksinasi itu digelar sebagai wujud kepedulian PDIP terhadap kebutuhan masyarakat akan vaksin pada waktu ini. Selain itu, juga untuk membantu percepatan vaksinasi di Indonesia dan Sragen pada khususnya. “Harapannya dengan sudah divaksin, maka kekebalan tubuh akan meningkat dan semua warga sehat. Ini kita sediakan paketan, harapannya nanti turun lagi untuk dosis kedua. Kalau masih belum terpenuhi akan kita selenggarakan lagi. Karena pertanyaan warga itu rata-rata kapan akan diadakan lagi,” tandasnya.

BERITA REKOMENDASI