Dulu Takut, Kini Ratusan Warga Antri Buru Vaksinasi

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Ratusan warga mendatangi kediaman anggota DPRD Fraksi PDIP, Sutimin, di Dukuh Karanganyar, Desa Karanganyar, Kecamatan Plupuh, Senin (27/9/2021). Warga dari berbagai desa di Kecamatan Plupuh ini rela antri untuk mendapatkan suntikan vaksinasi dari Ketua DPR RI, Puan Maharani yang digelontorkan melalui PDIP Sragen.

Vaksinasi digelar mulai pukul 08.00 WIB dan warga rela antri sejak pagi. Vaksinasi juga dihadiri Ketua Panitia dari DPC PDIP Sragen, Sugiyamto dan jajaran pengurus DPC. Sutimin mengatakan, awalnya dirinya dijatah 500 kuota. Jumlah warga yang hadir dan bisa tervaksin mencapai 423 orang.

Sedangkan 8 warga gagal divaksin karena tidak lolos skrining awal akibat memiliki riwayat penyakit yang tidak memungkinkan untuk divaksin. “Sebenarnya banyak yang daftar tapi sebagian sudah ikut program vaksinasi di sekolah, dan vaksin lainnya. Tapi antusias warga sangat tinggi. Bahkan meski sudah ditutup, masih banyak yang datang ingin divaksin,” ujarnya.

Anggota DPRD peraih suara terbanyak di Dapil Sragen II ini menguraikan ratusan warga datang dari berbagai desa di Kecamatan Plupuh. Namun ada sebagian kecil dari luar Plupuh juga tetap dilayani. Pendataan warga dilakukan oleh relawannya di masing-masing desa. Tingginya animo warga ditandai dengan banyaknya warga yang mendaftar meski dalam waktu hitungan hari.

“Dulu rata-rata pada takut, setelah dikasih pengarahan baru sadar. Karena sekarang vaksinasi penting untuk persyaratan di lokasi kerja, kemudian mobilitas ke angkutan serta syarat masuk ke mall. Naik kereta Pramex ke Jogja saja harus pakai sertifikat vaksin,” terangnya.

Lebih lanjut, Sutimin menyampaikan program vaksinasi massal itu digelar atas bantuan Puan Maharani melalui anggota DPR RI, Agustina Wiludjeng Pramestuti. Kemudian vaksin digelar serentak oleh DPC PDIP Sragen dengan ditopang secara gotong royong semua anggota fraksi bergilir di setiap kecamatan.

“Harapannya membantu masyarakat sehingga bisa tervaksin dan mempercepat pencapaian vaksinasi di Kabupaten Sragen. Dengan banyak warga sudah tervaksin, diharapkan mempercepat pencapaian herd immunity sehingga menekan potensi terpapar Covid-19. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Ketua Panitia Vaksinasi dari DPC PDIP Sragen, Sugiyamto menambahkan total ada 10.000 dosis vaksin yang digelontorkan ke 20 wilayah kecamatan. Vaksinasi digelar bergilir sejak dua pekan lalu.

“Hari ini, menjadi yang terakhir dari rangkaian road show vaksinasi PDIP yang digelar di beberapa wilayah Plupuh. Ini wujud kepedulian PDIP, utamanya dari Mbak Puan Maharani dan Bu Agustina Wiludjeng yang mengupayakan bantuan vaksin untuk masyarakat melalui PDIP,” tandasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI