Edukasi Prokes Sejak Dini, Ribuan Masker Dibagikan ke Siswa

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Sekitar 117 ribu peserta didik usia TK, SD, SMP dan SMA di Kabupaten Karanganyar mendapat bantuan masker. Tiap anak dijatah 1 lembar masker.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karanganyar, Nurini Retno Hartati mengatakan bantuan dari pemerintah pusat itu diserahkan ke Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Adapun penyerahan pada pekan lalu diikuti berita acara serah terima oleh pejabat terkait.

“Bantuan masker itu sebanyak siswa TK, SD dan SMP di Kabupaten Karanganyar. TK/Paud sebanyak 20-an ribu anak, SD 66 ribu anak dan SMP 31 ribu anak,” kata Nurini kepada wartawan, Jumat (13/8).

Distribusinya ke peserta didik dibantu pihak sekolah dan UPTD Dinas Pendidikan di kecamatan. Ia tak menampik butuh waktu menyampaikannya ke sasaran. Terlebih, mereka masih belajar di rumah (BDR). Jenis masker yang dipakai standar. Ia juga menyadari kebutuhan masker tidak cukup hanya selembar per hari per orang.

“Setidaknya dengan bantuan masker ini menyemangati anak-anak untuk prokes. Selalu pakai masker. Juga jangan lupa menggantinya dengan yang baru dan bersih,” katanya.

Sebagaimana diketahui, masyarakat dianjurkan mengganti masker tiap empat jam sekali. Masker yang dipakai juga dua lapis. Nurini meminta satgas pendidikan menyampaikan saran itu ke orangtua agar mengedukasi anak-anaknya.

BERITA REKOMENDASI