Edutorium UMS Siap jadi Lokasi Peringatan Milad 108 Muhammadiyah

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) siap menjadi lokasi ajang peringatan Milad 108 Muhammadiyah pada 18 Nopember mendatang. Sebelumnya salah satu gedung pertemuan terbesar di Indonesia akan dipakai untuk menggelar upacara wisuda sarjana UMS.

“Sekarang pembangunan sudah mencapai 93 persen. Pekerjaan yang tersisa tinggal finishing. Akhir Oktober akan diserahterimakan, karena sudah ada ssjumlah agenda menunggu,” jelas Muh Siam Priono Nugroho, pelaksana proyek pembangunan Edutorium disela acara penghijauan dalam rangka Hari Jadi UMS 62 UMS, Jumat (16/10/2020)

Penghijaun Kawasan Edutorium UMS secara simbolis diawali rektor Prof Dr Sofyan Anif dan Ketua BPH Drs Dahlan Rais MSi dengan menanam pohon Trembesi. Dalam masa Pandemi seperti sekarang acara penghijauan sangat bermanfaat untuk melahirkan udara bersih.

Prof Anif membenarkan tidak lama lagi Edutorium akan difungsikan. Selain untuk memperingsti Hari Jadi UMS, PP Muhammadiyah juga telah mengagendakan acara Milad. “Selain itu juga untuk wisuda. Tentu saja semua tetap dibatasi jumlah undangan sesuai protokol kesehatan. Bahkan akan jauh lebih sedikit dari ketentuan protokol.”

Disebutkan Edutorium berkapasitas 8.000 orang, kalau 50 persennya 4.000 orang. Tapi UMS telah merancang dalam acara wisuda setiap sesi hanya 500 orang. “Jadi Insya Allah aman,” ujar Prof Anif.

Setiap hari dimungkinkan ada dua sesi yang terpisah dan berlangsung tiga hari. UMS telah berkoordinasi dengan Satgas Covid.

Menurut rencana awal Edutorium yang pembangunannya menelan biaya lebih dari Rp 290 milyar disiapkan untuk arena Muktamar Muhammadiyah 48. Akibat Pandemi Covid 19, jelas Prof Anif, Muktamar rencanakan 22 Juli 2022 jika 2021 sudah aman akan dilaksanakan 22 Juli. (Qom)

BERITA REKOMENDASI