Ekonomi Mulai Bangkit, Target Pendapatan Parkir Kendaraan Tahun 2022 Naik

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo menaikan sedikit target pendapatan parkir kendaraan di tepi jalan umum di tahun 2022. Kenaikan dilakukan setelah melihat perkembangan pandemi virus Corona sudah melandai dengan terjadi penurunan kasus. Disisi lain, aktivitas perekonomian masyarakat mulai bangkit lagi.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sukoharjo Marjono, Senin (10/1) mengatakan, Dishub Sukoharjo menghadapi tahun 2022 khususnya dibidang parkir kendaraan di tepi jalan umum menaikan sedikit target dibanding tahun 2021. Hal itu dilakukan dengan pertimbangan melihat pandemi virus Corona sudah melandai. Selain itu angka kasus virus Corona juga sudah menurun. Disisi lain perekonomian masyarakat mulai bangkit.

Terpenting juga kenaikan angka target pendapatan parkir kendaraan di tepi jalan umum dilakukan setelah melihat besarnya potensi. Sebab beberapa wilayah memiliki potensi pendapatan besar disektor parkir kendaraan di tepi jalan. Hal ini ditandai dengan banyaknya tempat usaha berdiri dan pertumbuhan penggunaan kendaraan.

Parkir kendaraan di tepi jalan selama dua tahun terakhir sejak pandemi virus Corona tahun 2020 dan 2021 sangat terlihat dampaknya. Sebab pandemi virus Corona membuat aktivitas masyarakat menjadi dibatasi. Akibatnya perekonomian menjadi lesu dengan banyaknya tempat usaha menutup sementara usahanya.

Penutupan tempat usaha secara otomatis berpengaruh pada pendapatan parkir kendaraan. Sebab tidak ada kendaraan parkir akibat terhentinya aktivitas masyarakat di luar rumah.

“Target parkir kendaraan di tepi jalan umum tahun 2021 sekitar Rp 1.006.377.000. Sedangkan tahun 2022 kami target kenaikan sedikit sekitar 3 persen dikisaran angka Rp 1,1 miliar,” ujarnya.

Dishub Sukoharjo berharap pada tahun 2022 ini target pendapatan parkir kendaraan di tepi jalan umum bisa terpenuhi. Sebab melihat dalam 10 hari pertama di bulan Januari ini sudah ada kenaikan aktivitas masyarakat. Dishub Sukoharjo melihat ada peningkatan volume kendaraan masyarakat yang parkir dibeberapa tempat tersedia.

Beberapa wilayah yang terlihat peningkatan volume kendaraan parkir seperti di Kecamatan Sukoharjo, Grogol, Baki dan Kartasura. Wilayah tersebut banyak tempat usaha yang menunjukan kebangkitan ekonomi masyarakat. Disisi lain, meningkatnya volume parkir kendaraan menunjukan adanya peningkatan aktivitas masyarakat di luar rumah.

“Harapannya kembali menggeliatnya perekonomian dengan dibukanya kembali tempat usaha akan meningkatkan volume parkir kendaraan. Dengan demikian juru parkir akan aktif kembali,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI