Empat Guru Besar Baru UNS Dikukuhkan Hari Ini

Editor: Agus Sigit

SOLO , KRjogja.com – Memasuki penghujung 2021, Universitas Sebelas Maret (UNS)  Solo tambah empat guru besar baru. Mereka akan dikukuhkan bersama oleh rektor Prof Dr Jamal Wiwoho di auditorium GPH Haryo Mataram kampus Kentingan Solo, Rabu (15/12). UNS.

Empat guru besar baru yakni Prof Dr Sayekti Wahyuningsih SSi MSi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Prof Ir Agung Tri Wijayanta ST MEng PhD (Teknik Mesin Fakultas Teknik), Prof Dr Agus Supriyanto SSi MSi (FMIPA) dan Prof Dr Ir Eddy Triharyanto MP (Fakultas Pertanian).

Sekretaris Senat Akademik Prof Dr Ary Handono mengatakan lahirnya guru besar baru akan dioptimalkan peran kepakarannya untuk menjawab berbagai kebutuhan masyarakat. “Seperti kepakaran Prof Eddy bisa didorong melahirkan aneka bibit hortikultura diantaranya bawang,” katanya, Selasa (14/12)

Riset para pakar UNS yang bisa dikolaborasikan akan dioptimalkan sehingga bisa lahir produk unggulan untuk dihilirisasi. Untuk menuju ke sana, para peneliti sejak awal harus sudah bisa membaca tentang peluang pasarnya. Jadi tidak asal meneliti sehingga menghadapi kesulitan pada tahap hilirisasi.

Prof Eddy memberikan contoh pernah bertemu dengan peneliti tanaman hias di Cipanas. Mereka memamerkan tanaman hiasnya berupa anggrek. Ketika ditanya mana tanaman yang laku di pasar, mereka tidak menjawab. Mereka hanya berpikir sebagai peneliti.

“Hal seperti itu harus dirobah. Peneliti yang akan melakukan riset bertujuan hilirisasi harus tahu kekuatan pasarnya. Begitu juga riset untuk pengadaan benih hortikultura harus bisa menghasilkan buah yang berkualitas. Tujuannya agar produk kita tidak kalah dengan impor,” tandas Prof Eddy.-(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI