Empat Kios di Pasar Jambangan Terbakar

KARANGANYAR,KRJOGJA.com – Kebakaran meluluhlantakkan empat kios Pasar Jambangan di Desa Pereng, Kecamatan Mojogedang, Rabu (31/7) pukul 18.30 WIB. Korsleting listrik di salah satu kios diduga memicu kebakaran tersebut.

Peristiwa ini kali pertama dilaporkan Triyono (52), seorang warga Dusun Jambangan Rt 02/Rw II Desa Pereng. Ia yang saat itu sedang berada tak jauh dari lokasi, mencium aroma pekat terbakar. Ternyata, sumber bau itu dari kebakaran kios yang terletak di dalam pasar. Tak kuasa memadamkannya sendirian, ia meminta tolong ke warga sekitar. Kebakaran cukup sukar dipadamkan secara manual. Apalagi, tiupan angin kering makin memperparah keadaan. Api terlihat melumat atap disertai suara ledakan. Berdasarkan pemetaan, kios terbakar milik penjual pakaian asal Desa Mojodoyong, Sragen, Tri Retno Ningsih (37); warung makan milik warga Desa Gentungan, Mojogedang, Suwarni (56); kios sembako milik warga Sidomulyo, Mojogedang, Giyo (65); dan kios gas elpiji milik warga Kedawung, Sragen, Larno. Nyaris tak ada barang dagangan bisa diselamatkan dari kios mereka yang masing-masing berukuran 2X3 meter persegi. Para pedagang lain yang dilanda kepanikan, nekat menerjang bahaya untuk mengungsikan barang dagangannya dari kios ke jalanan. Hal itu menyulitkan petugas pemadam untuk menjangkau lokasi dan menyeterilkan tempat kejadian.

Kapolsek Mojogedang, AKP Mardiyanto mengatakan, sebenarnya kebakaran di tiga kios yakni, gudang sembako, kios baju muslim dan kios soto. Namun satu lagi terpaksa dirusak di bagian atap supaya api tidak merambat ke kios lain.

“Percikan dari atap kios belakang, dimungkinan dari kios yang dijadikan gudang sembako," katanya.

Ia menyampaikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan kerugian dari kebakaran 3 kios itu diperkirakan sekitar Rp 70 juta. Satu kios yang dirusak belum dihitung.

"Sejak kejadian, aliran listrik dimatikan. Damkar Sragen datang disusul dari Damkar Karanganyar," terangnya.

Kobaran api berhasil dipadamankan pukul 19.30. "Untuk saat ini kita pasang police line untuk olah TKP dan penyelidikan lebih lanjut," papar Kapolsek Mojogedang.

Kepala Dinas Perdagangan Tenaga Kerja dan Koperasi (Disdagnakerkop) UKM Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki menuturkan, kebakaran di Pasar Jambangan baru pertama kali terjadi sejak dibangun pada 2004. Ia mengakui aliran listrik di pasar semrawut sehingga rawan korsleting. (Lim)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI