Era New Normal, Biaya Pesta Pernikahan Naik 25 Persen

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Penyelenggara pesta pernikahan harus merogoh kocek lebih dalam karena biayanya naik signifikan. Dengan berbagai piranti protokoler kesehatan yang diterapkan, kenaikan biaya pesta pernikahan bisa mencapai 25 persen.

“Overall. Tidak hanya EO. Namun juga katering dan dekorasi. Kemungkinan naiknya 25 persen itu pasti,” kata Pemilik Samara Wedding Organizer, Akbar Badres usai menggelar simulasi pesta pernikahan di The Alana Hotel, Minggu (7/6).

Budget pernikahan dengan mengundang profesional organizer memang diperkirakan jauh lebih mahal dibandingkan sebelum pandemi Covid-19. Itu mencakup katering dan protap kesehatan yang membutuhkan ekstra personel kepanitiaan, pembelian hand sanitizer, masker, perizinan dan penyediaan petugas medis. Risiko yang ditanggung juga lebih besar untuk menjaga keselamatan tamu, klien dan karyawan organizer wedding dan hotel.

Akbar Badres mengatakan konsep normal baru bukan perkara sederhana bagi pelaku usaha event organizer sepertinya. Penyelenggara harus tegas menolak tamu masuk gedung sebelum diperiksa secara medis, karena ia terindikasi sakit. Segala bentuk kontak fisik dan sarana penularan penyakit dieliminasi. Dalam hal ini, minuman gelas diganti air mineral kemasan yang sudah dimasukkan bersama makanan kecil di tas jinjing.

“Kebutuhan minum tamu disediakan air mineral. Ada di meja penerimaan tamu,” katanya.

BERITA REKOMENDASI