Etik Suryani Pimpin Operasi PPKM Darurat Tekan Kasus Virus Corona

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Tingkat pelanggaran protokol kesehatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Virus Corona 3-20 Juli dilakukan masyarakat dan pedagang kaki lima (PKL) masih tinggi. Temuan tersebut didapati saat awal penerapan PPKM. Tim gabungan terus melakukan operasi penertiban dan berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat dan PKL demi menekan angka kasus penyebaran virus Corona. Kegiatan operasi dipimpin langsung Bupati Sukoharjo Etik Suryani dan diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sukoharjo.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Senin (12/7) mengatakan, sengaja turun melakukan operasi PPKM bersama Forkopimda Sukoharjo setiap hari. Operasi digelar dengan patroli disejumlah wilayah rawan pelanggaran protokol kesehatan. Petugas datang melakukan pengecekan dan turun langsung memberikan sosialisasi membantu pemerintah menekan angka kasus virus Corona.

“Terus dilakukan operasi PPKM, setiap malam bersama Forkopimda Sukoharjo kompak menjalankan program membantu pemerintah menekan angka kasus virus Corona. Pada awal PPKM memang masih banyak pelanggaran, tapi sekarang setelah kami turun sudah ada kenaikan kesadaran masyarkat dan PKL. Kerumunan turun drastis dan PKL juga tutup sesuai batas waktu,” ujarnya.

Etik Suryani mengatakan, Forkopimda Sukoharjo tidak akan memberikan toleransi sekecil apapun pelanggaran protokol kesehatan saat menemukan dalam operasi PPKM di lapangan. Tindakan tegas akan dilakukan apabila ada yang nekat melakukan pelanggaran.

“Ada pak Kapolres, Dandim dan Kejaksaan yang membantu penegakan hukum. Saat operasi PPKM dilihat langsung kondisi riil. Apabila ada yang nekat melanggar maka sudah jelas sanksi sesuai aturan berlaku,” lanjutnya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Polres Sukoharjo tidak akan memberikan ruang dan kesempatan bagi pelaku pelanggaran protokol kesehatan. PPKM darurat virus Corona harus dilaksanakan semua pihak secara ketat.

“Termasuk anggota tidak boleh melanggar protokol kesehatan. Masyarakat juga sama harus mematuhi protokol kesehatan ditengah PPKM darurat sekarang. Pelanggaran tetap akan ditindak tegas sesuai aturan berlaku,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI