Fasilitas Umum di Sragen Belum Ramah Difabel

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) diharapkan lebih memperhatikan hak-hak kaum difabel, terutama terkait penyediaan fasilitas umum. Bupati diminta segera menerbitkan Perbup sebagai pelaksanaan Perda No 14 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas.

"Kami ingin adanya keberpihakan pemerintah daerah pada difabel. Bupati harus segera menerbitkan Perbub terkait pelaksanaan Perda No 14 tahun 2014," ujar Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Sragen, Suhartiningsih saat acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Tahun 2017, di depan kantor Pemkab Sragen, Rabu (27/12/2017).

Suharti menyampaikan, pemangku kebijakan harus lebih mempedulikan kaum difabel di Sragen. Demikian juga dengan dinas atau instansi terkait diharapkan bisa lebih terbuka tentang hak-hak difabel.

Terkait fasilitas umum, Suharti justru mempertanyakan keseriusan pemerintah dalam membangun fasilitas yang ramah difabel. Misalnya, trotoar di depan Kantor Pemkab Sragen yang dulunya ramah difabel sekarang aksesnya justru malah ditutup. "Trotoar di depan kantor Pemkab dulu sudah akses dilalui pengguna kursi roda, kenapa sekarang malah dipasangi patok. Padahal dulunya itu merupakan perjuangan usulan dari difabel Sragen untuk mewujudkan Sragen inklusi dan ramah difabel," ujarnya

Menurut Suharti, pada peringatan HDI 2017 ini pihaknya menggelar long march menuju Rumah Aspirasi atau Gedung DPRD Sragen. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kampanye penyadaran masyarakat dari organisasi difabel di Sragen terhadap permasalahan yang berkaitan dengan penyandang cacat. "Ini sebagai wujud kepedulian dan dukungan kepada penyandang cacat agar hak, martabat dan kesejahteraannya meningkat," jelasnya.

Ditambahkannya, meskipun saat ini difabel kurang mendapat dukungan dari Pemkab Sragen, namun pihaknya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa kaum difabel juga ikut guyub rukun membangun Sukowati. "Kami tetap ingin berperan aktif memberikan sesuatu bagi kemajuan Sragen," tambahnya.(Sam)

 

 

BERITA REKOMENDASI