Festival Petualang Nusantara Digelar di Sangiran

SRAGEN, KRJOGJA.com  – Festival Petualang Nusantara (FPN) kembali digelar untuk keempat kalinya. Kali ini bakal digelar di Bumi Perkemahan Punden Tingkir Sangiran, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen 27 hingga 29 Oktober mendatang. 

Dipilihnya Sangiran, lantaran lokasi tersebut dikenal sebagai world heritage  sekaligus untuk mempromosikan tempat bersejarah tersebut. "FPN ini sengaja digelar di Bumi Perkemahan Punden Tingkir Sangiran untuk mengajak para peserta berpetualang menyusuri jejak-jejak pra sejarah pada masa homo sapiens. Termasuk berkemah di titik ditemukannya fosil meganthropus yang menghebohkan dunia," ujar Kasubag TU Balai Pelestarian Sejarah Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Ratna Sri Panglipur, Minggu (22/10).

Agenda FPN ini digelar untuk memperingati sumpah pemuda dan sebagai ajang silaturahmi antar pegiat alam bebas. Tujuannya untuk meningkatkan semangat persatuan bagi para petualang di seluruh Indonesia, membentuk sikap cinta tanah air dan saling tukar informasi antar daerah asal petualang di nusantara.

Ketua Penyelenggara FPN, Aji Rachmat mengatakan, pihaknya menggandeng LareAngon event organizer yang bergerak di bidang petualangan untuk menggelar FPN. Even ini sebagai ajang berkumpul para petualang dari seluruh Indonesia untuk berbagi ilmu dan membangun jejaring. "Tahun ini FPN akan menghadirkan 11 tokoh petualang di beberapa workshop sesuai keahlian mereka. Mereka bakal bercerita dan berbagi pengalaman," terangnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI