Gairahkan Perekonomian, Ganjar Dorong Belanja Daerah Direalisasikan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendorong belanja daerah tahun anggaran 2020 di 35 kabupaten/kota segera direalisasikan. Cara itu untuk menggairahkan perekonomian yang masih terpuruk di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di sela menghadiri penyerahan hibah sepeda motor roda tiga oleh Bank Jateng kepada 20 kepala desa, Selasa (1/9/2020).

“Saat ini ekonominya momrot (lesu). Saya minta belanja ditokke (dikeluarkan) cepat-cepatan. Di APBD Pemprov Jateng hingga 31 Agustus 2020, belanjanya baru 51 persen. Ada bantuan keuangan ke desa-desa, segera diproses kalau masih mampu. Usahakan semaksimal mungkin. Untuk yang di desa, usahakan berupa padat karya,” katanya.

Program padat karya menurutnya model paling tepat memberikan uang tunai ke masyarakat agar langsung bisa dibelanjakan. Diharapkan, daya belinya meningkat. Dalam program ini, pemerintah desa mengupah warganya untuk kepentingan umum seperti pembuatan jamban komunal, pembuatan saluran irigasi hingga pemberantasan hama pertanian.

BERITA REKOMENDASI