Gajahmungkur Datangkan Satwa Baru

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI (KRjogja.com) – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) siap mengajukan usulan anggaran Rp 100 juta, mendahului APBD Perubahan 2018. Anggaran itu, untuk pemeliharaan dan pemberian pakan satwa di Obyek Wisata Waduk Gajahmungkur (WGM) Wonogiri.

"Pemkab Wonogiri sudah mengalokasikan anggaran Rp 250 juta untuk pemeliharaan dan pakan satwa tapi karena untuk pengiriman satwa baru rusa tutul dan orang utan sehingga butuh dukungan anggaran mendahului perubahan," ungkap Sekretaris Disparpora Wonogiri Fredy Sasono SSos MM kepada wartawan Selasa (20/3).

Dijelaskan Fredy, satwa paling boros biaya pakan adalah dua ekor gajah peliharaan WGM. Setiap dua hari sekali, sepasang gajahnya bernama Panamtu (jantan) dan Sari (gajah betina) menghabiskan biaya pakan Rp 400 ribu atau Rp 200 ribu perhari.

Menurut Sekretatis Disparpora, pengiriman 4 ekor rusa tutul dan orang utan tinggal menunggu dana Pemkab. Sebab, pengiriman satwa yang dilindungi dari Gembira Loka Yogyakarta dan orang utan asal Taman Satwa Jurug Solo butuh biaya besar.

"Semua persiapan sudah selesai. Tinggal menunggu dana untuk pengiriman satwa," imbuhnya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI