Gajahmungkur Layak Jadi BLUD

Editor: Ivan Aditya

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Obyek wisata Waduk Gajahmungkur (WGM) Wonogiri diwacanakan tidak lagi dikelola pihak Dinas Periwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) namun dijadikan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Wacana tersebut dinilai sangat mendasar karena dengan status BLUD WGM dipastikan akan lebih menarik, berkembang lantaran makin ramai pengunjung ketimbang kondisi seperti sekarang.

Kepala Disparpora Wonogiri, Sentot Sujarwoko SH mengatakan, pemasukan dana yang diraub sekitar Rp 4,2 miliar per tahun kiranya sudah mampu untuk operasional BLUD WGM Wonogiri. "Tapi bagi kami wacana tergantung keputusan bupati dan DPRD apakah ini (WGM) akan dijadikan BLUD apa tidak," kata Sentot didampingi Sekretaris Disparpora Drs Fredy Sasongko MM dan Kepala UPT Obwis WGM Pardiyanto SSos MM, Minggu (14/05/2017).

Menurut Fredy, pihaknya dituntut pandai mencari terobosan untuk kelangsungan obwis andalan Pemkab Wonogiri yang ada di Desa Sendang Wonogiri. Pasalnya, untuk biaya pakan satwa di WGM saja rata-rata butuh Rp 75 juta per tahun, operasional UPT sekitar Rp 70 jutaan dan biaya perawatan Sarpras WGM mencapai Rp 150 juta lebih per tahun. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI