Gaji ke-13 dan 14, Disiapkan Rp 79 M

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menyiapkan anggaran sebesar Rp 79 miliar untuk membayar gaji ke-13 dan 14 Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2017. Meski dana sudah disiapkan, pencairan gaji tambahan untuk 9 ribu lebih abdi negara itu masih menunggu turunnya peraturan pemerintah (PP) yang mengatur pencairan gaji 13 dan 14.

Plt Kepala Badan Pendapatan, Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (BPPKAD) Sragen, Tatap Prabawanto melalui Sekretaris BPPKAD, Indriyani, Jumat (9/6) mengatakan, mengacu pengalaman tahun sebelumnya, anggaran untuk membayar gaji ke-14 yang dibahasakan sebagai Tunjangan hari raya (THR) di Sragen mencapai Rp 35.623.868.780. Sedangkan untuk membayar gaji ke-13 yang diistilahkan untuk membantu PNS memasukkan anak ke sekolah, menelan anggaran sebesar Rp 43.882.856.822. "Kebutuhannya sekitar itu (Rp 79 miliar). Asumsinya dari kebutuhan tahun lalu memang sebesar itu,” ujar Indriyani. 

Menurut Indriyani, pihaknya belum bisa memastikan kapan gaji ke-13 dan 14 PNS itu akan mulai dicairkan. Sejauh ini pemkab masih menunggu turunnya PP yang dijadikan sebagai acuan untuk pencairan. Namun berdasarkan tahun sebelumnya, biasanya gaji ke-14 akan dicairkan terlebih dahulu sebelum Lebaran.

Sedangkan gaji ke-13 menyusul beberapa pekan kemudian atau diperkirakan awal Juli bersamaan dengan momen penerimaan siswa baru. “Kalau tahun kemarin jaraknya dua minggu. Tapi kalau tahun ini kepastiannya masih menunggu ketentuan di PP bagaimana,” terangnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI