Gambar Hasil Bumi Diganti Foto Calon

WONOGIRI (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri siap menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) di 15 desa karena kades terjerat kasus hukum, meninggal dunia atau alasan lain. Desa tersebut diantaranya Bulukerto, Purwantoro, Jatipurno, Selogiri dan Baturetno.

Kabag Humas Pemkab Wonogiri Drs Agus Sarmanto MM didampingi  Kabag Pemdes (Pemerintah Desa) Setda Wonogiri Sriyono SSos MM, Kamis (01/09/2016), menyebutkan, ada beberapa perubahan krusial jika dibanding dengan pelaksanaan Pilkades tahun-tahun sebelumnya di daerahnya. "Kalau selama ini kandidat atau jago Kades menggunakan tanda gambar simbol hasil bumi (ketela, jagung, padi, kelapa dll) sekarang yang dicoblos adalah foto diri  jago," terangnya, Kamis (01/09/2016).

Agus menjelaskan Pilkades Digelar awal Desember 2016 dan tidak boleh ada jago tunggal melawan 'bumbung kosong'. Pemkab mengeluarkan aturan batas minimal harus ada dua jago, dan  maksimal sebanyak 5 jago. "Jika sampai batas akhir pendaftaran hanya ada jago tunggal maka masa pendaftaran akan dibuka lagi (diperpanjang) hingga  bakal calon bertambah," tandasnya.(Dsh)

BERITA REKOMENDASI