Gandeng Damkar, Kodim Sosialisasi Jinakkan Api

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRjogja.com – Kodim 0725/Sragen menggelar sosialisasi tentang antisipasi bahaya kebakaran di balai desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen, Rabu (24/10). Sosialisasi yang masih rangakaian kegiatan TMMD Reguler ke-103 ini digelar karena kasus kebakaran di Sragen melonjak drastis saat musim kemarau seperti sekarang.

Tidak hanya rumah atau bangunan lain, kebakaran juga kerap terjadi di kandang ternak atau kebun. Warga terlihat antusias mengikuti sosialisasi yang menghadirkan petugas pemadam kebakaran (Damkar) setempat ini. Warga ingin mendapat ilmu bagaimana cara menjinakkan api.

Kasi Damkar Pemkab Sragen, Wahyudi usai sosialisasi mengatakan pentingnya sosialisai ini untuk dilaksanakan di seluruh pelosok desa. Seringnya terjadi kebakaran di wilayah Sragen salah satunya disebabkan kurang pahamnya warga dalam mengatasi atau mencegah kebakaran. Salah satu penyebab kebakaran yang kerap terjadi selama ini adalah kompor. "Jika kompor terbakar, cara mematikanya adalah dengan menutup kompor dengan kain basah atau dengan menaburkan pasir ke sumber api. Dengan sendirinya api akan padam," terang Wahyudi.

Menurut Wahyudi, jika sumber api ada di tempat terbuka harus diperhatikan arah angin, usahakan jangan melawan arah angin karena bisa tersulut api. Cara memegang kain basah pun ada caranya, yakni dengan sedikit melipat kain basah pada ujungnya supaya kulit tertutup dari jilatan api. "Jauhkan benda-benda yang mudah terbakar dari api, dan jika api membesar segera hubungi kami dengan menghubungi nomor (0271) 891113," kata Wahyudi. (Sam)

BERITA REKOMENDASI