Gedung Baru DPRD Sukoharjo Dibangun

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Lelang pembangunan gedung DPRD Sukoharjo akhirnya selesai dan didapati pemenangnya. Tahap selanjutnya tinggal pelaksanaan pembangunan dan diharapkan selesai Desember mendatang. Penyelesaian tersebut molor satu bulan dari rencana semula November karena sebelumnya proses lelang pertama sebelumnya sempat gagal.

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pembangunan gedung baru DPRD Sukoharjo Joko Purwanto, Selasa (26/6) mengatakan, proses lelang pembangunan gedung baru DPRD Sukoharjo sempat gagal. Kondisi tersebut membuat proses menjadi lebih lama dan berdampak pada molornya pelaksanaan pembangunan.

Meski sempat gagal namun pada proses lelang berikutnya dapat berjalan dengan lancar. Hasilnya sudah diketahui pemenang lelang dan selanjutnya tinggal melaksanakan tahap berikutnya. 

Lelang dilaksanakan dalam dua jenis yakni pembangunan dan konsultan pengawas. Untuk lelang pembangunan gedung baru DPRD Sukoharjo dimenangkan oleh PT Satria Mas Karyatama Semarang dengan nilai kontrak Rp 39.299.173.000 dari pagu anggaran Rp 44.097.490.000.

Sedangkan untuk lelang konsultan pengawas dimenangkan oleh PT Kalaprana Konsultam Yogyakarta dengan nilai kontrak Rp 470.528.000 dari pagu anggaran Rp 650.000.000. Kedua pemenang lelang diharapkan setelah ini langsung bersiap melaksanakan tugasnya.

"Penandatanganan MoU kerjasama sudah dilaksanakan dan tinggal pelaksanaan pembangunan gedung baru dewan. Soal jadwal kapan itu masih menunggu jadwal peletakan batu pertama dari bapak bupati," ujar Joko Purwanto.

Pada perencanaan pertama pembangunan gedung baru DPRD Sukoharjo bisa diselesaikan pada November mendatang. Namun karena ada masalah proses lelang sempat gagal maka berdampak pada molornya pembangunan menjadi Desember.

Waktu pelaksanaan pembangunan yang diberikan pada rekanan yakni selama enam bulan kedepan. Pembangunan akan dilaksanakan di atas lahan di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo Kota. Lahan yang disediakan oleh Pemkab Sukoharjo seluas 14.963 meter persegi.

Penggunaan lahan di Mandan, Sukoharjo Kota dilakukan sebagai bagian dari pengembangan wilayah. Sebab gedung DPRD Sukoharjo lama di Jalan Veteran, Jetis, Sukoharjo Kota dianggap sudah tidak layak. Kantor lama para wakil rakyat rencananya akan dipakai sebagai gedung pertemuan sekaligus perluasan lahan parkir kendaraan di tengah kota. (Mam)

BERITA REKOMENDASI