Gelar Hajatan Akikahan Satu RT di Purbayan Berstatus Zona Merah

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJOGJA.com– Penularan virus Corona ditemukan usai warga menggelar hajatan akikahan di perumahan di wilayah Desa Purbayan, Kecamatan Baki. Ada delapan keluarga terkonfirmasi virus Corona. Akibat kejadian tersebut RT disana berstatus zona merah dan menjadi satu-satunya di Kabupaten Sukoharjo. Kasus tersebut sudah mendapat penanganan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo.

Camat Baki Roni Wicaksono, Rabu (23/6/2021) mengatakan, kejadian bermula sekitar dua pekan lalu saat ada warga dalam satu RT di perumahan di wilayah Desa Purbayan, Kecamatan Baki menggelar acara hajatan akikahan. Warga sengaja datang untuk memasak bersama dan kemudian makan makanan yang disajikan pada malam harinya.

Usai hajatan akikahan kemudian diketahui ada satu warga sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Hasil pemeriksaan diketahui warga tersebut terkonfirmasi positif virus Corona. Temuan tersebut kemudian ditindaklanjuti petugas dengan melakukan pelacakan kontak erat.

Petugas melacak kontak erat dari sumber acara hajatan akikahan di perumahan warga dalam satu RT di wilayah Desa Purbayan, Kecamatan Baki. Hal itu dilakukan karena warga tersebut diketahui berada dalam satu acara sama dengan pasien terkonfirmasi positif virus Corona.

Kontak erat tersebut kemudian menjalani tes swab PCR. Hasilnya diketahui ada enam keluarga terkonfirmasi positif virus Corona. Dalam pemeriksaan lanjutan kemudian ditemukan dua keluarga lagi juga terkonfirmasi positif virus Corona.

“Jadi total ada delapan keluarga atau jumlahnya ada sekitar 10 orang terkonfirmasi positif virus Corona dari acara hajatan akikahan warga satu RT di perumahan di Desa Purbayan, Kecamatan Baki,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI