Geliat Sektor Kuliner Dorong Bangkitnya UMKM

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) utamanya sektor kuliner sudah terlihat kembali meriah, menyusul diteraplan era new normal dalam sebulan terakhir. Geliat sektor kuliner ini dipastikan akan mampu mendongkrak UMKM, ungkap Dr Lukman Hakim, pakar ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (08/7)

Ia mengingatkan respon yang baik dari masyarakat yang mulai banyak datang ke warung warung tetap harus memperhatikan protokol kesehatan Covid 19. Sehingga pertumbuhan yang terjadi bisa berlanjut terus. “Kalau semua pihak tidak mengabaikan protokol kesehatan akan semakin membaik,” kata Lukman.

Setelah kuliner berikutnya akan disusul perhotelan dan pariwisata. Karena bisnis perhotelan mulai terlihat bangkit, walau sektor pariwisata belum dibuka kembali. Masyarakat lebih banyak memilih staycation karena belum berani berwisata outdoor. Hotel menjadi destinasi wisata baru yang dianggap aman.

Ia menyebut masyarakat sudah rindu keluar rumah. Mereka jenuh setelah berbulan-bulan tinggal di rumah. Kucuran bantuan tunai cukup membantu mendongrak daya beli masyarakat. “Bantuan tunai lebih bagus secara moneter ketimbang dalam bentuk sembako. Bantuan uang cash akan dibelanjakan. Ini banyak mendorong masyarakat meningkatan daya beli.”

Menurutnya, masalah kebutuhan pokok belum mengkhawatirkan. Sejak 2019, banyak tersisa bahan pokok karena saat itu tahun produktif. Sehingga secara daya tahan pangan Indonesia punya ekses yang termasuk kuat.- (Qom)

BERITA REKOMENDASI