Genjot Produksi Pangan, Karanganyar Dapat Tambahan Pupuk Subsidi 3.700 Ton

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Kementrian Pertanian menyalurkan tambahan jatah pupuk subsidi ke Kabupaten Karanganyar sebanyak 3.700 ton. Jumlah tersebut diprediksi mencukupi kebutuhan petani selama tiga bulan hingga Desember 2020.

Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Perkebunan (Dispertan PP) Karanganyar Siti Maesyaroch mengatakan tambahan jatah pupuk subsidi tersebut sesuai janji Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi klaster integrated farming di Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah pada Kamis (15/10/2020).

“Setelah Mentan menjanjikan bakal memenuhi kebutuhan pupuk di Karanganyar dalam rangka mewujudkan program integrated farming, kemudian pak Bupati mengirim surat ke beliau yang pada intinya meminta tambahan kuota pupuk. Disetujui dapat tambahan 3.700 ton urea. Itu cukup selama tiga bulan,” katanya kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (19/10/2020).

Pada penyaluran reguler, Kabupaten Karanganyar hanya menerima 14.600 ton urea dari pengajuan 23.000 ton. Adapun tambahan 3.700 ton setara kebutuhan pupuk di 23.000 hektare sawah.

Lebih lanjut Siti mengatakan, tambahan pupuk subsidi tersebut mendukung tercapainya target panen 150 ribu ton beras.

“Indeks panen di Karanganyar 2,6. Artinya lebih dari dua kali panen per petak sawah. Dengan tambahan pupuk ini, diharapkan petani tidak lagi kesulitan memperoleh pupuk,” katanya.

BERITA REKOMENDASI