Gerakan Koin NU Diusulkan Gerakan Nasional

SRAGEN, KRJOGJA.com – Rais Aam PBNU, KH Maruf Amin mendukung gerakan koin NU menjadi gerakan nasional yang dilaksanakan tiap daerah di seluruh Indonesia. Hal itu tidak lepas dari kesuksesan program gerakan koin NU yang sudah dilaksanakan PCNU Kabupaten Sragen. 

Gerakan koin NU dinilai sangat membantu keberhasilan pembangunan daerah di Kabupaten Sragen. "Saya menyambut baik gerakan koin NU dan agar menjadi gerakan nasional," ujar Maruf Amin saat penutupan Rakornas NU Care-Lazisnu di Ponpes Walisongo Sragen, Selasa (30/01/2018) malam.

Maruf mengapesiasi PCNU Sragen yang dinilai berhasil sebagai motivator dan menginspirasi penyelenggaraan gerakan koin NU. Sejak dimulainya gerakan koin NU pada April tahun lalu, perolehan gerakan koin NU di Sragen telah mencapai Rp 5,8 miliar.

BACA JUGA :

Rakornas NU Care-Lazisnu, Belajar dari Koin NU Sragen

Gerakan Koin NU Diterapkan seluruh Indonesia

Dana tersebut tak hanya digunakan untuk membangun sejumlah fasilitas untuk kepentingan umum, PCNU Sragen juga memanfaatkan dana tersebut untuk pembangunan Rumah Sakit Sidowaras di Kecamatan Sumberlawang, Sragen.

Maruf yang juga menjabat Ketua MUI ini mengintruksikan pengurus pusat NU Care-Lazisnu agar menyiapkan petunjuk pada wilayah agar gerakan koin NU bisa diterapkan dan terlaksana di berbagai daerah. "Beriringan dengan instruksi PBNU untuk menyiapkan segala sesuatunya. Agar bisa memberikan petunjuk kepada wilayah dan cabang supaya gerakan koin NU ini berjalan dengan baik," jelasnya.

Sementara itu rakornas diikuti sekitar 300 orang pengurus NU Care-Lazisnu tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan dari berbagai wilayah. Selain diskusi terkait upaya peningkatan ekonomi warga nahdliyin, rakornas juga melahirkan rekomendasi terkait pengembangan ekonomi warga nahdliyin

Rakornas ketiga pengurus NU Care-Lazisnu berhasil menghasilkan lima butir rekomendasi untuk PBNU. Rekomendasi hasil rakornas yang dibacakan Ketua umum Lazisnu, Syamsul Huda pada penutupan rakornas salah satunya meminta agar program Gerakan Koin NU bisa menjadi gerakan nasional. "Meminta PBNU untuk menjadikan program kotak infaq NU atau koin NU yang saat ini sudah menjadi program NU Care-Laszisnu sebagai gerakan nasional bagi seluruh warga nahdliyin," tegas Syamsul. (Sam)

BERITA REKOMENDASI