Gibran Harap Wartawan Berperan Aktif Cerdaskan Bangsa

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Wali Kota Solo terpilih Gibran Rakabuming Raka menghadiri puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang digelar secara daring dan luring di Monumen Pers Nasional Surakarta, Jalan Gajah Mada Solo, Selasa (09/02/2021). Ada yang menarik saat diberi kesempatan meninjau pameran museum pers, putra sulung presiden RI Jokowi itu mengamati cukup lama sebuah pemancar radio tua yang dikenal dengan sebutan Radio Kambing.

Hal yang sama juga dilakukan ayahandanya, Jokowi saat menjabat Walikota Solo. Saatitu Jokowi bahkan sampai jongkok dan geleng-geleng kepala mengamati Radio Kambing yang berjasa dalam perjuangan kemerdekaan itu.

“Pemancar itu dijuluki Radio Kambing karena pernah disembunyikan pejuang Radio Republik Indonesia (RRI ) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke dalam kandang kambing untuk mengelabui tentara Belanda di lereng Gunung Lawu kawasan Desa Balong, Jenawi, Karanganyar saat clash II tahun 1948-1949,” tutur Kepala Monumen Pers Nasional ( MPN) Surakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Widodo Hastjaryo didampingi Ketua Dewan Penasehat PWI Surakarta, Begog D Winarso dan Ketua PWI Surakarta Anas Syahirul saat mengantar Gibran di area festival pers.

Ditambahkan Widodo, siaran radio yang menggelorakan perjuangan bangsa dilakukan di kandang kambing. Suara kambing mengembik selalu terdengar di sela-sela siaran, bahkan saat itu antena pemancar harus dipasang di atas pohon kelapa. “Sebagian masyarakat menyebut pemancar ini pemancar radio RRI Kambing dan sebagian memberi nama Kyai Balong.” paparnya.

Sebelumnya, Gibran yang mengenakan baju batik lengan panjang turut menyaksikan pidato Presiden Jokowi pada puncak HPN 2021 yang disampaikan secara virtual. Gibran juga diberi kesempatan memilih logo baru Monumen Pers (Monpers) Nasional, hal ini sebagai penanda bertransformasinya Monpers dari konvesional menjadi digital. “Dari tiga yang diajukan, menurut saya ini yang terbaik,” ujar Gibran

Menurut Gibran, transformasi Monpers harus mampu berperan besar dalam mempengaruhi berbagai kebijakan pemerintah ketika melakukan penanganan Covid-19, sehingga semangat yang disebarkan melalui informasi optimisme dapat membuat masyarakat bergelora dalam peperangan melawan pandemi. Gibran kepada wartawan mengatakan untuk berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa melalui berita yang objektif dan berimbang.

“Saya titip pesan, ayo terus berperan untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa melalui berita yang objektif, berimbang dan paling penting berita-berita yang menyebarkan virus virus optimisme,” ujar Gibran. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI