Gibran-Teguh Kampanye Virtual Dinilai Tepat Saat Pandemi

SOLO, KRJOGJA.COM – Sekretaris Tim Pemenangan calon Walikota Solo No.1 Gibran Rakabuming Raka -Teguh Prakosa, Budi Prasetyo mengatakan pada era pandemi Covid-19 diperlukan strategi yang tepat di dalam berkampanye, agar tidak menciptakan klaster baru pada Pilkada Surakarta.

“Kami menjalankan terobosan yang tepat di antaranya, kampanye virtual dan daring melalui zoom meeting atau yang sejenis. Kedua model ini, diharapkan mampu menekan laju penyebaran Covid-19 dan tidak menciptakan klaster baru,” kata Budi kepada wartawan, Rabu (14/10/2020).

Hal tersebut, menurut Budi sudah sejalan dengan imbauan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo yang sebelumnya mengatakan jika kedua pasangan calon peserta Pilkada Surakarta 2020, pada tahap kampanye tetap melaksanakan gerakan 3M. Masing-masing yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
“Kami belum ada laporan adanya pelanggaran kedua pasangan calon baik nomor 1 Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa maupun Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) pada tahapan kampanye saat ini,” papar Hadi Rudyatmo.

Tim kampanye juga diminta mentaati aturan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Surakarta dengan melaksanakan kampanye secara daring, dan door to door yang tidak menimbulkan kerumunan yang bisa berpotensi penularan Covid-19. “Kami melihat tim paslon sudah menjalani apa yang menjadi keputusan KPU dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan sehingga Pilkada Surakarta 2020 dipastikan bisa aman terhindar Covid-19,” kata Rudyatmo.

BERITA REKOMENDASI