‘Gletek Kali’ Kolaborasi Kelompok Tani dan UGM Bersihkan Sampah Saluran Irigasi Gentungan

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Sekitar 100 anggota Kelompok Tani Mulyo 1 dan 5 melakukan kegiatan bersih-bersih sungai atau disebut Glethek Kali, Senin (2/7). Kegiatan normalisasi saluran irigasi ini dibantu komunitas mahasiswa UGM. Kegiatan bersih sampah di sungai itu dimulai sejak pagi sampai lewat tengah hari. Panjang sungai yang dinormalisasi dari sedimentasi sampah mencapai 2 kilometer.

“Air irigasi merupakan hal strategis bagi kami para petani. Untuk itu petani dari 2 kelompok tani ini melakukan Glethek Kali,” kata Hasim, Ketua Kelompok Tani Mulyo 1.

Dikatakan Hasyim, saluran irigasi yang selama ini diandalkan menyalurkan air ke sawah banyak yang mengalami kerusakan. Sedimentasi sampah organik maupun anorganik mengakibatkan saluran menyempit dan dangkal. Banyak batu kali dan rumput semak-semak yang menghambat aliran air ke sawah petani.

“Petani sebenarnya berharap DPU Kabupaten atau instansi terkait lain melakukan survei kerusakan saluran irigasi di Desa Gentungan untuk diperbaiki. Kalau perbaikan yang kecil-kecil kami tidak meminta bantuan dinas. Bisa sendiri,” kata Hasyim.

Kegiatan bersih-bersih sungai tersebut, juga menggandeng komunitas mahasiswa UGM di Karanganyar untuk melaksanakan kerja bakti bersama. Para siswa dan akademisi tersebut pernah menjalani KKN di wilayah tersebut.

“Kami sudah sepakati akan melakukan bersih-bersih kali ini setiap kali masa tanam. Jadi akan jadi agenda rutin petani,” ujar Hasyim. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI