Golkar-PDIP Belum Mengerucut Koalisi Jilid II

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – Para elite Partai Golkar dan PDIP Karanganyar bersikukuh menuntaskan kemitraan koalisi pada Pilkada 2018-2023. Sedangkan Pilkada 2024 mendatang, belum tentu keduanya kembali bersama.

“Golkar dengan PDIP di Karanganyar itu atas bawah atas bawah (persaingan ketat). Periode ini berkoalisi, tapi ke depan belum tahu. Itu juga masih terlalu dini dibahas sekarang,” kata Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo, Jumat (11/6).

Belum lama ini, pengurus PDIP Karanganyar menerima kedatangan pengurus Golkar Karanganyar dalam bingkai silaturahmi. Para pimpinan dua parpol pemenang pemilu itu berkomitmen menyelesaikan kemitraan koalisinya dengan wujud kepemimpinan Juliyatmono dan Rober Christanto selaku bupati-wakil bupati Karanganyar. Namun keduanya menampik pertemuan di markas PDIP Karanganyar diartikan langkah menuju koalisi jilid II. Hanya saja, dua parpol ini bakal lebih sekata dalam membangun Karanganyar lebih baik.

“Ini kan momentum bulan Syawal. Kita kemarin silaturahmi ke berbagai ormas dan sekarang ke partai. Kami berterima kasih disambut baik PDIP,” kata Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani kepada wartawan.

Ditanya apakah momen tersebut mengawali dua parpol itu menjalin koalisi kembali di pemilukada 2024, Ilyas enggan menyebut gamblang. Ia memilih berkomentar normatif. “Saat ini masih dalam bingkai koalisi Juliyatmono-Rober Christanto (Bupati-Wakil Bupati Karanganyar),” katanya lagi.

Pasangan kepala daerah tersebut hasil koalisi Golkar-PDIP yang sukses memenangkan Pilkada 2018. Jika nantinya koalisi berlanjut, maka itu semata-mata instruksi pimpinan pusat Partai Golkar dan bukan ambisi elite di tingkat daerah. Ilyas lebih memilih menghangatkan hubungan antarparpolnya dengan mitra kerja parpol lain dalam membangun Karanganyar lebih baik di periode ini.

“Kalau terjalin harmonisasi semua partai, Insya Allah masyarakat tenteram di bawah kepemimpinan pak bupati dan wabup,” jelasnya. (Lim)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI