Grebeg Pasar Sosialisasikan Program KB

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Event sosialisasi program KB berbalut Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pas Sasaran (Grebek Pasar) kembali digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Tengah. Kali ini, sasarannya di Pasar Tegalgede di Karanganyar.

 

Penyampaiannya ke pasangan usia subur yang sedang berbelanja di pasar tradisional itu cukup mengena. Kaum adam dan hawa tidak ragu berkonsultasi ihwal medis operatif wanita (MoW) maupun medis operatif pria (MoP).

“Saya memakai KB suntik. Memang berhasil, tapi efek sampingnya jadi gemuk. Kalau misalnya suami saja yang pakai bagaimana. Dengan jenis KB apa dan bagaimana efek sampingnya?” ujar Sutini, seorang pedagang Pasar Tegalgede menanyakannya ke tim BKKBN Jateng, Kamis (10/11).

Usai dirinya muncul pertanyaan dari pedagang lain tentang prosedur MoP, juga seputar risiko melahirkan di usia 40-an tahun.

Menjawab hal itu, Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Tengah, Wagino memastikan MoW maupun MoP aman. Kaum hawa dianjurkan menerapkan KB implan yang lebih efektif dibanding KB suntik.

“KB implan ini berjangka waktu tiga tahun. Tidak seperti KB suntik yang harus bolah balik tiap bulan datang ke puskesmas buat disuntik,” jelasnya.

Sedangkan MoP, lanjutnya, kaum pria tak perlu khawatir karena operasinya tak membutuhkan waktu lama. Operasi tersebut juga tak menurunkan fungsi seksual organ reproduksi.

“Hanya diikat saja agar tidak terjadi pembuahan dengan sel telur. Bapak-bapak malah tambah jos. Istri dirumah pasti sampai kewalahan melayaninya,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, program KB di Jawa Tengah ditarget mendulang 800 ribu akseptor. Hingga November, targetnya tercapai 63 persen.

“Kendalanya pengadaan alat kontrasepsi dari pemerintah pusat yang sedikit terlambat,” jelasnya.

Terkait Grebeg Pasar, BKKBN mampu menyosialisasikan program KB lebih mengena ke kalangan usia subur secara langsung. Kegiatan itu dilaksanakan secara merata di kota/kabupaten di Jawa Tengah. Di setiap lokasi penyelenggaraan, BKKBN menggandeng orkes musik dan membagikan hadiah istimewa.(R-10)

 

BERITA REKOMENDASI