Gudang Kapas Terbakar, Api Masih Menyala Sejak Semalam

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Gudang tempat penyimpanan kapas di Dukuh Gesingan, Desa Luwang, Kecamatan Gatak terbakar. Diduga api berasal dari puntung rokok yang membakar kapas dari dalam gudang. Belasan mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang sampai dinihari masih menyala. Korban pemilik gudang Sigit Kismianto warga Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura diduga mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Danramil Gatak Kapten Inf Suroso, Senin (7/5) mengatakan, awal kebakaran terjadi sekitar pukul 16.30 WIB saat beberapa orang warga melihat kepulan asap dari atas atap gudang penyimpanan kapas. Selang tidak lama muncul api membumbung besar. 

Warga yang melihat kejadian tersebut berusaha memadamkan api namun mengalami kesulitan. Sebab posisi gudang sudah sepi ditinggal para pegawainya. Posisi pintu gerbang dan utama juga tertutup rapat sehingga semakin menyulitkan. 

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan warga ke Koramil Gatak dan diteruskan ke pemadam kebakaran. Selang tidak lama datang beberapa mobil pemadam kebakaran langsung melakukan pemadaman.

"Penyebab kebakaran belum diketahui pasti karena masih dalam pemeriksaan petugas terkait," ujar Kapten Inf Suroso saat meninjau lokasi kebakaran.

Kapolsek Gatak AKP Yulianto mengatakan, upaya pemadaman kebakaran sudah dilakukan maksimal oleh petugas dengan mengerahkan belasan mobil pemadam kebakaran gabungan dari Solo Raya. Pemadaman dilakukan sejak Senin (7/5) sekitar pukul 16.30 sampai dinihari Selasa (8/5) pukul 00.30 WIB api belum padam.

Upaya pemadaman api sempat mengalami kendala karena petugas sulit mencari sumber air terdekat dengan lokasi kebakaran. Petugas akhirnya menggunakan air dari Kali Bedodo yang jaraknya cukup jauh. 

Aparat keamanan gabungan dari Polsek dan Koramil Gatak membantu pengamanan disekitar lokasi kebakaran. Akses jalan menuju ke gudang kapas ditutup total mengingat kondisi api semakin membesar dan menyulitkan petugas.

"Banyak warga yang menonton disekitar gudang kebakaran dan menyulitkan petugas saat melakukan pemadaman. Lokasi gudang harus disterilkan dari kerumunan orang tidak berkepentingan," ujar AKP Yulianto.

Kapolsek mengatakan belum bisa memastikan penyebab kebakaran gudang kapas. Sebab butuh pemeriksaan lanjutan dari petugas.

"Belum tahu. Masih akan dilakukan pemeriksaan mencari tahu penyebab kebakaran. Kosentrasi utama petugas sekarang yakni melakukan pemadaman karena di dalam gudang berisi kapas mudah 

Pemilik gudang kapas Sigit Kismianto mengatakan, posisi saat kebakaran gudang kapas dalam keadaan kosong. Para pegawainya meninggalkan tempat kerja dalam posisi gudang terkunci tertutup rapat.

"Posisi saat kebakaran saya ada di rumah di Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura. Saya baru tahu ada kebakaran setelah dapat informasi dari tetangga toko didekat gudang di Gesingan, Luwang, Gatak," ujar Sigit. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI