Gunungan Sekaten di Masjid Agung Solo Ludes Dirayah

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Pemburu berkah Gunungan Sekaten semakin banyak. Ini dirasakan pengunjung Gerebeg Maulud (Sekaten) Keraton Kasunanan yang berlangsung di halaman Masjid Agung Solo, Senin (12/12). Prosesi ini sebagai puncak tradisi Sekaten memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW 1438 H.

"Sekarang susah mendekat Gunungan. Jadi saya tidak mendapatkan apa-apa," keluh beberapa pengunjung yang ingin berebut Gunungan. Belum sempat mendekat, Gunungan sudah ludes. Itu karena banyaknya orang yang sudah siap untuk berebut. Begitu prosesi Gunungan memasuki halaman Masjid Agung, sudah dikepung.

Meski demikian mereka mau berlaku tertib dan mengikuti perintah. Artinya mereka tidak memperebutkan sebelum Gunungan didoakan. Mereka sabar menunggu prosesi  pembacaan doa yang berlangsung di Serambi Masjid Agung usai. Begitu rampung terdengar suara peluit tanda rebutan Gunungan dimulai.

Gunungan diperebutkan sekitar pukul 11.00, menyusul selesainya prosesi pembacaan sahadat dan sholawat serta doa. Sebelum Gunungan tiba diawali datangnya rombongan abdi dalem utusan Pakoe Boewono XIII yang dipimpin ulama Keraton Kasunanan. (Qom)

BERITA REKOMENDASI