Gusti Moeng : Saya Ngeman Kakak Jadi Raja, Disetir Pihak Tertentu

SOLO, KRJOGJA com – Ketua Lembaga Dewan Adat ( LDA) Kraton Kasunanan Surakarta, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Koesmoertiyah Wandansari memberi klarifikasi atas video yang beredar viral saat Gusti Moeng seolah-olah berdebat dengan kakak kandungnya yang juga raja Kraton Kasunanan Surakarta Paku Buwono XIII di kawasan Alun-Alun Selatan Kraton Kasunanan Surakarta, Senin (14/9/2020).

“Saya justru ngeman (melindungi) kakak kandung saya yang kini jadi raja Kraton Surakarta ada oknum bukan sentono bukan kerabat dalam, namun karena punya kepentingan tertentu malah mau njlomprongke (menjebak) Sinuwun yang bisa melanggar hukum Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Gusti Moeng didampingi Direktur Lembaga Hukum Kraton Kasunanan Surakarta KP Dr Eddy Wirabumi menceriterakan kronologis dalam video. Awalnya hari Jumat (11/9/2020) dari putri PB XIII GKR Rumbay dan beberapa kerabat, ada informasi kalau akan dibangun tiang baliho permanen bercor beton . Pembangunan baliho yang hanya berjarak beberapa centi meter dari pagar bangunan Siti Hinggil kompleks Kraton Surakarta yang merupakan bangunan Cagar Budaya.

BERITA REKOMENDASI