Hadapi Cuaca Ekstrim, Pemkab Boyolali Gelar Apel Siaga Bencana

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Ratusan personil gabungan dari berbagai unsur di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Bupati Boyolali, Said Hidayat mengatakan, apel dari berbagai unsur ini merupakan antisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Boyolali. Selain bencana alam, pandemi Covid 19 yang belum berakhir ini masyarakat harus bisa mewaspadai dan tetap patuhi protokol kesehatan (prokes).

“Jadi waspada ini tidak hanya bencana alam saja,namun waspada terkait bencana covid juga harus diperhatikan,”katanya usai apel di Alun Alun Kidul Boyolali,Selasa(26/10/2021) pagi.

Menurutnya, bencana alam seperti, banjir diwilayah utara, erupsi Gunung Merapi serta tanah longsor di wilayah kecamatan Selo perlu diwaspadai,Cepogo dan daerah lainnya. Mengigat bencana alam tersebut datang secara tiba tiba.

“Kita semua hanya bisa berusaha dan berdoa semoga bencana alam tersebut tidak menimpa warga masyarakat Boyolali. dan Pemda, TNI/Polri serta instansi terkait hanya bisa mengantisipasi agar bencana itu tidak menimpa kita semua,”ujar Bupati.

Terkait hal itu, Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond mengatakan, adanya tiga pilar pemerintah Boyolali, TNI dan Polri ini merupakan kolaborasi dalam penanganan bencana alam di Boyolali. Kolaborasi inilah yang harus diperkuat.

“Jadi kalau hanya Polri saja, tidak mungkin bisa menghadapi bencana itu. Harus ada kolaborasi tiga pilar,”ujarnya di Alun alun Kidul.

Sementara itu, Dandim 0724/Boyolali, Letkol Arm Ronald Febriano Siwabessy menambahkan, untuk kebencanaan menyiapkan tiga pleton pasukan dan peralatannya. Namun, apabila dibutuhkan Kodim akan menambah personil 400 sampai 500 personil.

“Kami siapkan tiga pleton pasukan dalam menghadapi bencana alam di Boyolali,namun apabila dibutuhkan kami siap menerjunkan 400 hingga 500 personil,”pungkasnya.(M-2)

 

BERITA REKOMENDASI