Hak Pilih Warga Dipulihkan, Anggota Pantarlih Dipecat

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Bupati Karanganyar, Juliyatmono menggunakan hak diskresi untuk menyelesaikan konflik Pilkades di Desa Sumberejo, Kecamatan Kerjo. Di desa ini, puluhan pemilih kehilangan haknya itu akibat kisruh pendataan. 

"Setelah kami kaji, ternyata tidak seharusnya hak pilih itu dibiarkan di luar DPT. Langkah diskresi dilakukan. Camat dipetintah untuk mengakomodir nama-nama yang tidak tercantum dalam DPT, supaya dapat memilih di Pilkades nanti," kata orang nomor satu di Pemkab Karanganyar ini, Selasa (19/2).
 
Langkah diskresi menjadi satu-satunya cara mengakomodasi hak pilih penduduk yang luput terdata di DPT. Ia menjanjikan hak pilih mereka pulih agar bisa memberikan suara di TPS Pilkades pada Rabu (20/2). 

Untuk diketahui, sebanyak 39 warga Sumberejo, Kerjo kehilangan hak pilihnya di DPT Pilkades. Padahal mereka tercatat di DPT Pilbup dan Pilgub 2018 lalu. Data dari pemilu lalu sedianya menjadi dasar penyusunan DPT Pilkades. Mereka yang luput terdata, menggeruduk kantor desa setempat pada Sabtu (16/2) lalu. 

Bupati memastikan melalui langkah diskresi ini, puluhan warga tersebut tak perlu risau lagi. Undangan mencoblosnya akan diantar perangkat desa setempat. Mengenai penyebab tak tercatatnya daftar puluhan orang itu, Bupati menduga sebagian tahapan pemutakhiran data calon pemilih ditinggalkan oleh panitia Pilkades. 

"Dulu DPS (daftar pemilih sementara) sudah diumumkan. Sudah klarifikasi, adakah yang belum dilakukan? Mungkin sosialisasi, menyampaikan daftar nama ke RT setempat mana yang tertinggal dan kecer. Kalau penetapan DPT tidak ada batas waktu, membahayakan pemilihan," tutur dia.

Pertimbangan utama Bupati mengambil kebijakan tersebut adalah hak setiap warga negara untuk memilih saat pemilihan umum. Menurutnya, hak warga negara dalam berdemokrasi dilindungi konstitusi. 

Camat Kerjo, Wahyu Widiyanto, menyampaikan persoalan tersebut sudah rampung Minggu (17/2) malam. Panitia pilkades sudah membuat berita acara untuk 39 orang tersebut. "Pak Bupati menindaklanjuti dengen memerintahkan rapat koordinasi lintas sektor. Hasil keputusan sudah disampaikan kepada tiga calon dan mereka menerima," ujar dia. (Lim)

BERITA REKOMENDASI