Halintar – Elvanya Terpilih Putra Putri Lawu 2017

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Finalis Putra Putri Lawu nomor 07 Halintar Cokro Padnobo dan 08 Elvanya Pura Dita memenangi ajang pemilihan Duta Wisata Kabupaten Karanganyar 2017. Keduanya menyingkirkan sembilan pasang finalis ajang tahunan tersebut di malam grand final.

“Setelah ini masih berjuang memenangkan kontes di tingkat Jawa Tengah. Bersyukur sekali baru pertama kali ikut bisa lolos,” kata Elvanya kepada KRJOGJA.com, Jumat (01/09/2017).

Gadis 21 tahun asal Desa Klodran, Colomadu ini terlihat percaya diri memeragakan busana batik koleksi salah satu butik di Colomadu saat malam grand final di Terminal Wisata mBangun Makutoromo, Karangpandan, Rabu (30/08/2017) malam. Tentang batik pula yang membawa mahasiswi semester V Akuntansi UNS ini dimahkotai tiara Putri Lawu. Jawabannya mengesankan para juri, terkait cara Duta Wisata melestarikan batik sebagai warisan dunia dari Indonesia.

“Cara pertama dengan mematenkan batik. Kedua, kita harus menghargai batik yang merupakan karya asli dari Indonesia. Sering-sering memamerkan karya itu ke mancanegara agar masyarakat dunia mengetahui batik asli Indonesia,” katanya.

Elvanya mengatakan seluruh finalis tampil sempurna di malam grand final. Sebanyak 10 pasang finnalis itu juga berkemampuan di atas rata-rata. Termasuk juara harapan I Putra Lawu 2017, Halintar Cokro Padnobo yang berhasil memuaskan juri dengan jawabannya tentang Sapta Pesona.

Para praktisi seni dan pegiat pariwisata didapuk menjadi juri ajang tersebut, yakni Dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta, Joko Suyanto; Owner EO Sinergi, Daryono; Dosen UNS Judith Aditya Sari; Manager Ajeng Bridal, Jelly Martha Kusuma dan ketua TP PKK kabupaten, Siti Khomsiyah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Titis Sri Jawoto mengatakan Duta Wisata merupakan agen promosi pariwisata Kabupaten Karanganyar. Agen tersebut tidak sebatas pemenang Putra Putri Lawu, namun juga seluruh peserta di ajang tersebut. Menurutnya, dibutuhkan banyak sukarelawan untuk mengembangkan 16 sektor ekonomi kreatif di antaranya kerajinan, pertunjukan dan lain-lain.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menegaskan pemilihan Duta Wisata atau Putra Putri Lawu 2017 untuk mencari generasi muda yang peduli dengan dunia pariwisata dan mampu mempromosikannya ke dunia luar. “Serasa belum sempurna hidup ini apabila belum menginjakkan kaki berwisata di Bumi Intanpari Karanganyar. Mereka ini ujung tombak kita,” kata Juliyatmono.

Selain memilih pemenang umum I-III, ajang Putra Putri Lawu 2017 juga mengusung Putra Putri Intelegensia, Putra Putri Persahabatan, Putra Putri Favorit dan Putra Putri Fotogenik. (Lim)

BERITA REKOMENDASI