Halo Warga Sragen…,Komplain Jalan Rusak Kini Bisa via Aplikasi ‘Patriot’

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN, KRjogja.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sragen meluncurkan aplikasi yang dinamakan Patriot Sragen untuk menangani laporan masyarakat terkait kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah setempat. Inovasi baru berupa aplikasi Patriot dari Bidang Bina Marga itu diluncurkan di Aula Kantor DPUPR Sragen, Kamis (3/6).

Aplikasi Patriot Sragen sudah bisa diunduh melalui Playstore di smartphone Android

. Kepala Bidang Bina Marga, DPUPR Sragen, Albert Pramono Soesanto menjelaskan, selama ini laporan terkait kerusakan jalan dan jembatan dari masyarakat belum dikelola dengan baik. Biasanya laporan itu datang melalui telepon, media sosial, hingga pesan Whats App (WA) petugas.

Terkadang, informasi itu tidak masuk ke database DPUPR sehingga penanganan laporan dari masyarakat itu menjadi tidak maksimal. “Dengan menggunakan aplikasi Patriot Sragen, semua laporan dari masyarakat akan masuk ke database. Ini memudahkan kami dalam menindaklanjuti laporan dari masyarakat. Penanganan laporan dari masyarakat juga lebih akuntabel,” jelas Albert.

Albert menjelaskan DPUPR Sragen berwenang dalam menangani kerusakan 583 ruas jalan sepanjang 1.020,25 km. Sepanjang 2020 lalu, DPUPR menangani laporan kerusakan infrastruktur yang terbagi 18 jenis pekerjaan pada 153 ruas jalan. Total dana untuk pemeliharaan jalan dan jembatan itu mencapai Rp 9,7 miliar. Kendati begitu, Albert mengakui laporan dari masyarakat itu belum dikelola secara akuntabel.

BERITA REKOMENDASI