Hari Ini Pencarian Sastro yang Tertimbun Longsoran Talud Dilanjutkan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Material talud Sungai Siwaluh setinggi 12 meter menimpa pekerja bangunan bernama Sastro Setu (62) di Kampung Gerdurejo Rt 04/Rw XI Kelurahan Tegalgede, Karanganyar Kota, Senin (15/11/2021) pukul 11.15 WIB. Tubuh korban yang terbenam di bawah material, belum berhasil diangkat.

Korban merupakan seorang pekerja upahan yang sedang menggali fondasi cakar ayam. Bersama lima buruh lain, warga Melikan Popongan ini memulai pekerjaan itu pada Senin pagi. Lima orang termasuk dirinya menggali di dasar talud sedangkan seorang lagi yang berada di atas talud bertugas menurunkan batang besi.

“Ini hari pertama penggalian fondasi cakar ayam. Ada enam pekerja. Satu di atas talud, yang lima ada di bawah. Nah tuba-tiba saat kami menggali, terjadi guguran tanah diikuti badan talud yang ambrol,” kata seorang pekerja bernama Joni Setiawan.

Melihat datangnya bahaya, para pekerja berlari menghindar. Namun terlambat bagi Sastro karena material talud terlanjur menimpanya.

Hingga Senin petang, tim SAR gabungan BPBD belum berhasil menemukan tubuh korban di bawah reruntuhan material talud. Mereka sudah melakukan penggalian di badan sungai serta menerjunkan anjing pelacak. Material talud berukuran besar dihancurkan serta lumpur dilarutkan. Namun sosok korban belum juga terlihat.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Bagoes Darmadi mengatakan lokasi tepat korban tertimbun belum diketahui. Sehingga para petugasnya menyisir di area reruntuhan.

“Pencariannya secara manual,” katanya.

BERITA REKOMENDASI